Sederet Acara Olahraga yang Tertunda Akibat Virus Corona

access_time 1 tahun yang lalu

Keberadaan virus Corona yang semakin merajalela, nampaknya membuat berbagai kegiatan kita semakin terhambat. Salah satu yang paling menjadi perhatian adalah ditundanya acara Heads In The Clouds 88Rising yang akan digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Karena kesehatan adalah prioritas yang perlu diperhatikan para pengisi acara, maka mereka memutuskan untuk menunggu sampai isu ini mereda. Hal ini pun juga berdampak pada acara lain yang mengundang performer luar negeri datang ke Jakarta, seperti Hammersonic.

Tapi ternyata tidak hanya acara musik saja yang tertunda, beberapa pagelaran kegiatan olahraga juga ikut tertunda karena virus mematikan ini. Sebenarnya sangat disayangkan karena pasti persiapan dari para atlet yang sudah maksimal akan tertahan dengan ditundanya kompetisi tempat mereka akan bertanding. Yuk kita lihat acara olahraga apa saja yang tertunda.

MotoGP Thailand

Source: MotoGP

Seri balap MotoGP Thailand 2020 resmi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini disebabkan karena sudah ada korban jiwa pertama di Thailand yang meninggal akibat terjangkit virus Corona.

Karena itu, waktu pelaksanaan kejuaraan dunia MotoGP 2020 ini dipastikan mundur hingga satu bulan. Pada awalnya, MotoGP Thailand 2020 ini akan dilaksanakan pada 20-22 Maret 2020 mendatang.

Sebelum ditundanya gelaran MotoGP di Thailand, MotoGP Qatar yang tadinya akan digelar pada 6-8 Maret 2020 juga dibatalkan karena alasan yang sama. Padahal para pembalap telah melewati tes pramusim terakhir di Sirkuit Internasional Losail.

Formula E dan Formula 1

Source: Formula 1

Selain MotoGP, ajang balap Formula E dan Formula 1 juga ikut tertunda karena virus ini. Jelas saja ditunda, balapan ini ternyata akan dilaksanakan di China di mana tempat virus ini berasal. Maka dari itu, balapan ini resmi ditunda untuk mengantisipasi penyebaran lebih meluas.

Penyebaran virus Corona yang belum teratasi sepenuhnya membuat balapan F1 menjadi sangat berisiko jika terus dilanjutkan. Sehingga hasil rapat Federation Internationale de l’Automobile (FIA) menyatakan untuk menunda acara ini.

Keputusan ini tentunya semakin menambah daftar event olahraga yang batal terselenggara di China karena ancaman virus corona. Khusus ajang balapan, sebelumnya sudah ada Formula E di kota Sanya yang resmi ditunda. Sama seperti F1, belum diketahui apakah ada reschedule atau tidak.

Badminton Asia Championship

Source: Fox Sport

Penundaan agenda olahraga juga terjadi pada Badminton Asia Championship (BAC) 2020 yang akan berlangsung di Wuhan, China. Untuk ajang kejuaraan badminton ini, lebih tepatnya dibatalkan karena sumber yang terlalu dekat dengan sumber virus Corona.

Menanggapi hal ini, Badan Bulutangkis China juga mengusahakan untuk mencari tuan rumah baru untuk tetap menyelenggarakan Badminton Asia Championship 2020 ini.

Sebelumnya, kejuaraan ini akan dilaksanakan pada 12-26 April 2020 mendatang. Hingga saat ini, tuan rumah baru untuk melangsungkan BAC 2020 ini belum diketahui kepastiannya.

Liga Champions Asia

Source: Getty Image

Pertandingan Liga Champions Asia 2020 (AFC) pun terkena imbasnya. Sebanyak enam pertandingan terpaksa harus ditunda karena masalah virus Corona. Akibatnya, empat klub Iran terkena dampak penundaan saat pihak AFC mengumumkan situasi darurat tersebut.

Begitu juga dengan pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia bulan depan yang ikut terganggu dan pertandingan playoff Olimpiade putri yang melibatkan Tionkok, Korea Selatan, Vietnam, dan Australia akan dijadwalkan ulang.

Gelaran AFC mendapat hantaman keras oleh virus Corona, di mana sebagian besar klub Tiongkok harus absen menyapa rumput hijau sampai bulan April mendatang. Bahkan ada satu pertandingan di Korea Selatan yang akan tetap dilangsungkan tanpa penonton.

close

Sederet Acara Olahraga yang Tertunda Akibat Virus Corona

Search
close