Mars dan Kesunyiannya, Ini Rekaman dari Rover NASA!

Perseverance on Mars
access_time 4 hari yang lalu

NASA telah mendaratkan rover-nya, ‘Perseverance‘ di Planet Mars 18 Februari kemarin dan berhasil mendapatkan klip audio pertama yang direkam di ‘Planet Merah’ itu.

Dengan ini, NASA berhasil memancarkan kembali untuk pertama kali suara angin serak yang berhembus di Planet itu ke Bumi.

Berikut video saat ‘Perseverance’ touchdown:

Footage dan foto-foto luar biasa yang diambil ini bisa bikin kita terbayang rasanya mendarat di Planet Merah tanpa harus pakai baju astronot.

Pasalnya, gambar-gambar tersebut adalah salah satu gambar ‘tercanggih’ yang menawarkan kita pemandangan lokasi pendaratan di Mars. Apalagi, pemandangan ini belum pernah kita lihat sebelumnya.

Thomas Zurbuchenassociate administrator for NASA’s Science Mission Directorate, bilang kalau video, gambar, dan audio yang direkam ini adalah “the closest you can get to landing on Mars without putting on a pressure suit.

The Navigation Cameras, or Navcams, aboard NASA’s Perseverance Mars rover captured this view of the rover’s deck on Feb. 20, 2021.
Image: NASA

Video dan gambar-gambar tersebut direkam Kamis lalu, dan diikuti oleh perilisan ‘Audio pertama dari Mars’ pada hari senin.

Suara dari Planet Mars

Klip-klip audio ini direkam lewat dua mikrofon yang ada di rover ‘Perseverance’. Di salah satu klip, kita bisa mendengar suara buzzing samar-samar di latar belakang.

Kata Dave Gruel, sebagai main engineer untuk subsistem kamera dan mikrofon Perseverance, itu sih suara dari rover-nya saja.

Tapi di Klip selanjutnya, kita bisa denger mikrofonnya ngerekam suara pelan hembusan angin. Ini menandai suara pertama yang direkam dari permukaan ‘Planet Merah’.

first image from Perseverance

Bayangkan dirimu duduk di permukaan Mars dan mendengar suasana sekitar,” ujar Gruel hari Senin.  “Keren, sangat rapi, dan juga luar biasa.” lanjutnya.

Setelah itu, Gruel juga bilang kalau rover ini bakal terus ngerekam suara dari planet tersebut sembari melaksanakan misi Perseverance.

Kami mengandalkan kedua instrumen ini merekam suara-suara yang keren dari permukaan Mars.” ungkapnya.

Panorama, taken on Feb. 20, 2021, by the Navigation Cameras, or Navcams, aboard NASA’s Perseverance Mars rover.
Image: NASA

 

Footage Pemandangan Planet Merah oleh NASA

Video serta gambar-gambar pemandangan Mars yang baru dirilis itu diambil menggunakan beberapa kamera yang berbeda, termasuk tiga kamera di atas rover ini.

Ada pun dua kamera lain di rover yang mendokumentasikan tahapan penting pendaratan, yaitu: peluncuran parasut, pelepasan cangkang belakang pelindungnya, dan sky-crane ‘Perseverance turun ke tanah.

Selain itu, ada juga kamera di bagian bawah untuk merekam pemandangan keren permukaan ‘Planet tentangga Bumi’ yang sepi.

Ada yang mau jalan-jalan ke Mars? Virtual aja, ya!

Baca juga:

Robot NASA Berhasil Mendarat di Mars untuk Cari Jejak Kehidupan!

Bill Gates Mau ‘Tutup Matahari’ untuk Mengatasi Pemanasan Global

Bill Gates: Daripada ke Mars, Mending Beli Vaksin!

close

Mars dan Kesunyiannya, Ini Rekaman dari Rover NASA!

Search
close