close

Riset: Patah Hati Terasa Lebih Pedih Berkat Media Sosial

By Kevin Andreas
access_time 3 bulan yang lalu Comments

Putus cinta=kurangin media sosial

Kalo lo ngerasa bahwa hubungan percintaan lo akan segera kandas, mungkin lo juga mesti siap-siap ngurangin aktivitas media sosial. Karena, peneliti dari University of Colorado menjelaskan bahwa media sosial ternyata bakal bikin rasa sakit akibat putus cinta makin perih dan bikin lo lebih susah move on.

Image result for cry gif
Source: Giphy

Sebelum media sosial ada, putus cinta memang sudah terasa menyakitkan, tapi hal tersebut lebih mudah dihadapi ketika kita bisa memberi jarak dengan sang mantan,” tutur Anthony Pinter, sang ketua peneliti. Namun kini move on terasa lebih sulit jika lo dibombardir dengan hal-hal yang mengingatkan lo dengan mantan secara online.

Cuma meng-unfollow/unfriend ternyata juga nggak cukup. Karena media sosial tetep punya fitur yang bisa bikin inget mantan.

Salah satu partisipan penelitan menjelaskan bahwa walaupun udah unfriending mantan, ia tetep mendapatkan notifikasi karena adanya teman yang menyukai perubahan status hubungan sang mantan hingga muncul di feed media sosialnya. Partisipan lain juga menjelaskan bayangan sang mantan masih suka “menghantui” kemunculan fotonya bersama mantan lewat fitur “memories” di facebook.

Image result for sad giphy

Algoritma yang digunakan di platform seperti Facebook ditujukan untuk menghubungkan penggunanya dengan topik dan orang-orang yang sesuai dengan ketertarikannya.  Namun kini sistem algoritma tersebut kini berhadapan dengan masalah baru yang kini dikenal dengan sebutan “algorithmic insensitivity.”

Algoritma sangat efektif untuk menemukan pola di clicks dan likes ketika sesuatu diunggah, tapi masih ada hal lain dari cara kita berinteraksi sosial yang belum dipahami sistem algoritma tersebut secara utuh,” jelas Jed Brubaker, Assistant Professor penelitian ini.

All in all, kalo lo baru putus sama mantan dan mau cepet move on, the best course of action is to just stay offline. Atau mungkin lo bisa dengerin playist di bawah ini untuk cheering up your mood.

Source: colorado.edu

close

Riset: Patah Hati Terasa Lebih Pedih Berkat Media Sosial