RIP PES, Konami Resmi Gantikan dengan eFootball!

RIP PES, Konami Resmi Gantikan dengan eFootball!
access_time 4 bulan yang lalu

Konami resmi gantikan permainan legendarisnya Pro Evoulution Soccer (PES) jadi eFootball, “RIP PES” pun jadi trending topic di Twitter.

Baru-baru ini, perusahaan itu mengumumkan kalau eFootball tetaplah game dari developer yang sam, tapi bisa kita mainkan secara gratis. Jadi sebuah upgrade dari PES, permainan baru itu bakal punya pembaruan terus-menerus, mirip game lainnya (Fortnite, GTA Online, COD: Warzone).

Pengumuman ini Konami bagikan di berbagai media sosial, begitu pula di website resminya. Perubahan tersebut mendatangkan respon berbeda-beda dari netizen. Gak sedikit yang mengkhawatirkan model free-to-play ini.

Akhir dari Pro Evolution Soccer

RIP PES
PES 2018 (via Gfycat)

RIP PES. Permainan yang rilis tahunan itu pertama kali muncul tahun 1995. Kebayang kan seberapa mellow-nya para pemain PES yang udah setia sejak dulu.

Game ini bertujuan untuk membuat pengalaman sepak bola yang se-realistik mungkin, baik saat main sebagai individuatau tim. Apalagi, pertandingannya yang kompetitif hampir persis dengan peraturan aslinya.

Selain itu, game bola ini juga terkenal sebagai rival dari seri FIFA. Tapi, belum jelas gimana eFootball kalau kita bandingkan dengan franchise olahraga EA lainnya.

Trailer eFootball, bentuk glow up dari PES

Trailer tersebut menjelaskan beberapa detail tentang permainan pengganti PES yang bakal tersedia secara gratis bagi para pemain.

Gim ini bakal menggunakan ‘engine sepak bola baru, dengan sistem animasi dan kontrol gim yang baru’ untuk pengalaman simulasi yang baru juga. Selain itu, permainan free-to-play ini bakal men-support full crossplay antar platform yang berbeda, mulai dari PS5 sampai perangkat iOS.

Konami juga sudah mengkonfirmasi kalau gim baru itu bakal tetap menghadirkan klub-klub besar, seperti MU, FC Barcelona pada awal rilisannya. Tapi untuk klub maupun mode-mode lainnya, pemain harus tunggu lebih lama.

Menurut pernyataan Konami, eFootball melampaui batas PES dan bakal jadi dunia baru sepak bola virtual. Sukses atau tidaknya gim ini, bisa kita lihat mulai dari rilisnya sekitar September ini

RIP PES. eFootball better be as good!

Baca juga:

close

RIP PES, Konami Resmi Gantikan dengan eFootball!

Search
close