Atlet Angkat Besi Uganda Menghilang Menjelang Olimpiade Tokyo 2020

access_time 6 hari yang lalu

Seorang atlet angkat besi asal Uganda, Julius Ssekitoleko sempat dilaporkan menghilang dari camp penginapan di Izumisano, Osaka pada Jumat (16/7). Kepergiannya diketahui usai tidak hadir dalam jadwal rutin tes Covid-19.

Ketika petugas menghampiri kamarnya, Ssekitoleko tidak ada di tempatnya dan meninggalkan sebuah pesan kepada timnya. Kira-kira, apa isi pesan tersebut dan alasannya menghilang dari rekan-rekannya?

Julius Ssekitoleko Jadikan Olimpiade untuk Relokasi

Atlet Angkat Besi
CNN International

Mengutip Reuters, pesan yang ditinggalkan oleh atlet angkat besi tersebut mengatakan bahwa ia tidak ingin kembali ke negara asalnya. Ia mengungkapkan bahwa hidup di Uganda sangatlah sulit.

Diketahui Julius Ssekitoleko telah gagal lolos dari tahap kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo 2022. Akibatnya, atlet berusia 20 tahun itu langsung dijadwalkan untuk pulang ke Uganda pada Selasa (20/7).

Read more:

Atlet Angkat Besi
Giphy

Karena merasa kesulitan hidup di Uganda, ia memutuskan untuk tidak ingin kembali ke negara asalnya. Menurut laporan, Ssekitoleko diketahui terakhir terlihat berada di stasiun kereta terdekat dari camp penginapan, kemudian ia membeli tiket kereta cepat ke Nagoya.

Seperti yang kita tahu, keputusan untuk relokasi ini seringkali dimanfaatkan para atlet ketika mengikuti Olimpiade atau turnamen olahraga yang bertaraf internasional lainnya. Mereka yang merasa tidak nyaman dan bahagia hidup di negara asalnya kemudian memutuskan untuk mencari pelarian di negara lain.

Olimpiade Jadi Momentum Para Pembelot

Atlet Angkat Besi

Kejadian Julius Ssekitoleko bukanlah kali pertama seorang atlet membelot dari negara asalnya. Keputusan seperti ini nyatanya sudah terjadi sejak tahun 1948 silam.

Mengutip Hypebeast, pembelot pertama adalah presiden International Gymnastics Federation bernama Marie Provaznikova yang berasal dari Cekoslovakia. Ia memanfaatkan keberangkatannya ke Olimpiade London, namun ia melanjutkan destinasinya ke Amerika Serikat. Kemudian negara tersebut ia jadikan tempat untuk menghabiskan separuh hidupnya.

Selain itu ada juga atlet dari Guinea yang tidak ikut kembali ke negara asalnya setelah menjalani kompetisi di Olimpiade Musim Panas Rio 2016. Masih banyak lagi kisah relokasi yang dilakukan para atlet dan delegasi negara ketika turnamen olahraga.

_

Namun, kabarnya atlet angkat besi tersebut kini telah ditemukan oleh pihak kepolisian Jepang.

close

Atlet Angkat Besi Uganda Menghilang Menjelang Olimpiade Tokyo 2020

Search
close