Keringat Petugas Kesehatan Covid-19 Mengalir Deras Karena Menggunakan APD, Videonya Viral

Petugas Kesehatan Rela Bekerja Hingga Banjir Keringat (Weibo via Daily Mail)
access_time 1 tahun yang lalu

Buat semua petugas medis covid-19 yang masih berjuang, kalian hebat!

Sebuah video seorang petugas medis asal Cina bersirkulasi di jagat maya. Pasalnya rekaman yang diyakini direkam pada hari sabtu (8/7) lalu tersebut menunjukkan derasnya keringat yang mengalir dari petugas kesehatan yang menangani covid-19.

Bahkan, cairan yang keluar dari petugas medis wanita itu langsung membanjiri lantai tempat ia melepas alat perlindungan diri (APD).

Video itu disebut-sebut berasal dari kawasan Urumqi, Xinjiang. Sejak pertengahan Juli lalu, Xinjiang memang diketahui tengah berjuang melawan krisis virus corona lokal yang telah menginfeksi lebih dari 500 orang.

Sebagai tambahan, Cina memang sedang memasuki musim panas, dengan suhu rata-rata di Urumqi di bulan Agustus dikatakan mencapai sekitar 29 derajat Celcius.

Di tengah tingginya suhu tersebut, petugas medis diharuskan untuk menggunakan alat pelindung diri, salah satunya baju hazmat. Namun untuk mencegah adanya celah, mereka juga harus menggunakan tambalan lainnya seperti sarung tangan atau plastik karet untuk menutup kaki.

Weibo via Daily Mail
Weibo via Daily Mail
Baca juga: Anjing Peliharaan Terjangkit Covid-19, Pertama Kali Terjadi di Dunia

Situasi pandemi covid-19 di Indonesia

Saat ini, sejumlah negara tengah berlomba untuk menciptakan vaksin covid-19, Indonesia salah satunya.

Saat ini Indonesia bahkan tengah melakukan uji coba vaksin tersebut pada manusia.

Proses uji klinis vaksin covid-19 Sinovac fase ketiga ini akan berjalan selama enam bulan atau setidaknya sampai akhir tahun 2020 dan jika berjalan lancar, vaksin Sinovac akan mendapatkan izin edar serta diproduksi secara masal pada awal 2021.

episode 11 GIFs - Primo GIF - Latest Animated GIFs

Menurut epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono, menjelaskan bahwa uji klinis vaksin akan dilakukan dalam 3 tahap.

Langkah tersebut perlu dilakukan, bukan hanya untuk memastikan efektivitas vaksin tersebut, namun juga untuk melihat efek samping yang mungkin ditimbulkan vaksin tersebut.

Pandu berharap, hasil uji klinis tahap 3 vaksin Sinovac akan menunjukkan efektivitas vaksin hingga lebih dari 70 persen.

Harapannya dia memberikan efektivitasnya lebih dari 70 persen. Kalau masih di bawah 50 persen belum efektif,” kata dia.

Zompi GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Baca juga: Pandemi Corona Ternyata Bikin Orang-Orang “Patah Hati”

Semoga Indonesia bisa cepet punya vaksin covid-19 ya!


close

Keringat Petugas Kesehatan Covid-19 Mengalir Deras Karena Menggunakan APD, Videonya Viral

Search
close