Mau Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19? Begini Kriterianya!

Mau Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19? Begini Kriterianya! (Foto: dok.Sinovac.com)
access_time 1 tahun yang lalu

Mau jadi relawan uji coba covid-19? Pastiin lo udah memenuhi syarat-syarat ini!

Pengembangan vaksin covid-19 terus menunjukkan kemajuan. Salah satunya adalah vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Sinovac asal China bekerja sama dengan PT Bio Farma.

Kini, vaksin tersebut pun akan diuji coba pada manusia di bulan Agustus. Dibutuhkan setidaknya 1.600 sukarelawan untuk uji coba vaksin tersebut pada manusia. Bio Farma rencananya akan mengambil sampel sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia antara 18-59 tahun.

episode 11 GIFs - Primo GIF - Latest Animated GIFs

Source: Primo GIF

Baca juga: Vaksin Corona Bakal Ada Dua Jenis, Ungkap Bill Gates: Apa Bedanya?

Syarat jadi relawan vaksin covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, bahwa untuk menjadi relawan uji coba vaksin tersebut, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi.

Supaya mudah pengawasannya, kriteria pertama harus warga Bandung raya dan sekitarnya, kedua sehat jasmani rohani. Bisa datang dari relawan khusus, umum, TNI-Polri, maupun pejabat. Saya kira nanti dikondisikan bagaimana baiknya,” ujarnya, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (26/7/2020).

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, juga menyebutkan bahwa uji klinis tersebut akan dilaksanakan di enam tempat, yakni Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad), Balai Kesehatan Unpad di Jalan Dipati Ukur, serta empat puskesmas di Kota Bandung. Uji klinis diharapkan selesai dalam waktu enam bulan.

Zompi GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Source: Giphy

Baca juga: Positif Covid-19, Mempelai Pria Harus Terpisah 5 Meter dari Pengantin Ketika Menikah

Uji coba vaksin covid-19 akan dilakukan dalam 3 tahap

Menurut epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono, menjelaskan bahwa uji klinis vaksin akan dilakukan dalam 3 tahap.

Langkah tersebut perlu dilakukan, bukan hanya untuk memastikan efektivitas vaksin tersebut, namun juga untuk melihat efek samping yang mungkin ditimbulkan vaksin tersebut.

Pandu berharap, hasil uji klinis tahap 3 vaksin Sinovac akan menunjukkan efektivitas vaksin hingga lebih dari 70 persen.

Harapannya dia memberikan efektivitasnya lebih dari 70 persen. Kalau masih di bawah 50 persen belum efektif,” kata dia.

Vice Syringe Sticker by Tonic for iOS & Android | GIPHY

Source: Giphy

Baca juga: Ma’ruf Amin: Target Vaksin (Covid-19) Tersedia Pertengahan 2021

Kapan vaksin covid-19 akan tersedia untuk umum?

Sebelumnya, Presiden Jokowi memprediksi bahwa Indonesia akan memproduksi massal vaksin corona di awal tahun 2021, sekitar Januari hingga April. Hal tersebut pun diamini Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kita sepenuhnya mendorong dan mendukung upaya tersebut sehingga target tersedianya vaksin pada pertengahan tahun depan dapat terealisasi. Bahkan kita doakan bisa lebih awal lagi,” ujar Ma’ruf dalam acara dialog virtual nasional lintas agama, Selasa (14/7).

Gimana? Berminat jadi relawan vaksin covid-19? Pastiin semua syaratnya udah terpenuhi ya!

close

Mau Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19? Begini Kriterianya!

Search
close