Pencetus Gambar Pemandangan “Gunung Kembar dan Matahari” Terungkap, Ini Orangnya!

access_time 10 bulan yang lalu

Gambar pemandangan dari dulu memang identik dengan dua gunung ditambah matahari di bagian tengahnya. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan sawah serta jalan di antaranya. Mungkin siapa saja berpikir kalau gambar panorama ini sudah menjadi pola turun temurun. Padahal, sebenarnya ada pencetus gambar satu ini. Siapa ya kira-kira? Kita simak yuk ulasannya.

  • Pencetus Gambar Pemandangan

gambar pemandangan
via Tempo.co

Siapa sangka, jika gambar pemandangan ini ternyata ada pencetusnya. Ia adalah Tino Sidin yang merupakan seorang pelukis ternama. Pria yang lahir pada 12 November 1925 ini berasal dari Sumatera Utara dan mulai dikenal saat muncul di salah satu acara TVRI bernama Gemar Menggambar. Pada acara yang tayang di tahun 1980-an tersebut, Tino Sidin mencontohkan kepada anak-anak jika menggambar itu adalah hal yang sangat mudah. Maka dari itu, ia mengajarkan sejumlah cara menggambar.

gambar pemandangan
Via: KUYOU

Meski gambar tersebut sudah sangat melegenda dan dipakai hampir semua anak kecil saat menggambar pemandangan, sejumlah pakar pendidikan malah menganggap ini berlebihan.

Gambar pria ini telah dipakai dengan berlebihan,” kata pakar pendidikan dikutip dariĀ Paragram.

Menurut mereka, anak-anak jadi tidak memiliki kreativitas yang luas sesuai keinginan mereka. Pada akhirnya mereka memilih pemandangan yang itu-itu saja.

_

Wah, sekarang jadi tau deh siapa yang pertama kali bikin lukisan pemandangan mainstreamĀ itu.

Terima kasih, Tino Sidin sudah menginspirasi anak-anak Indonesia!

close

Pencetus Gambar Pemandangan “Gunung Kembar dan Matahari” Terungkap, Ini Orangnya!

Search
close