Penampakan UFO Tertangkap Kamera, Begini Penjelasannya!

Penampakan UFO Tertangkap Kamera, Begini Penjelasannya!
access_time 1 minggu yang lalu

Penampakan UFO tertangkap kamera seorang fotografer asal Zurich, Swiss. Dia kemudian mengunggah foto misterius sebuah benda menyerupaia Unindentified Flying Object.

Unggahan yang disebutnya sebagai “UFO Donat” itu kemudian menjadi viral di media sosial sejak Senin, 8 November lalu.

Penampakan UFO tertangkap kamera!

Doughnut-shaped glowing 'UFO' spotted in sky as SpaceX astronauts return to  Earth - Daily Star

Meski sempat membagikan hasil foto UFO yang berbentuk donat lewat akun Twitter @Eavix1Eavix, fotografer tersebut sudah menghapusnya.

Beruntung ada beberapa netizen gercep yang sempat mengabadikan unggahan tersebut. Sebagaimana dilihat, benda terbang itu tampak seperti pesawat ruang angkasa yang terdiri dari beberapa cincin konstris berwarna biru cerah.

Dicuragai sebagai kapsul Endeavour SpaceX

Menariknya, walau menyebut itu sebagai UFO, sang fotografer juga mencurigai bahwa yang dia lihat adalah kapsul Endeavour SpaceX.

Di mana kapsul tersebut dijadwalkan kembali ke Bumi malam itu dengan empat astronaut yang baru saja menyelesaikan 200 hari tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Namun, lokasi pendaratan Endevaour yang mulai terlihat di Bumi justru berada di belahan dunia lain. Bahkan lokasi pendaratan di Teluk Meksiko berada 8.000 kilometer dari Zurich, Swiss.

Sehingga rasanya tidak mungkin terlihat dari Swiss.

via Universe Today

Setiap lintasan [Endeavour] di Swiss sebelum mendarat malam itu akan sepenuhnya berada dalam bayangan Bumi, yaitu tidak akan diterangi oleh Matahari dan karenanya tidak terlihat (di Swiss),” kata Marco Langbroek, pelacak satelit amatir dan peneliti akademis di Universitas Leiden, Belanda seperti dilaporkan Live Science.

Bukan UFO melainkan …

Penampakan UFO Tertangkap Kamera, Begini Penjelasannya!

Terkait objek terbang tak dikenal di atas langit Swiss yang tertangkap kamera, Langbroek menyebut bahwa itu kemungkinan hanya gambar aneh dari sebuah bintang jauh.

Saya cukup yakin bahwa ‘donat UFO’ pada foto adalah gambar di luar fokus sebuah bintang terang,” tutur Langbroek.

Sementara itu Jonathan McDowell, astrofisikawan di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Massachusetss menyebut kemungkinan foto itu adalah bagian atas roket. Sebuah bagian terkecil yang digunakan untuk mendorong peswat ke orbit untuk kembali masuk ke atmosfer.

Namun, tanpa adanya kerangka waktu, sulit mengaitkan cahaya misterius dengan objek apa yang diketahui ada di langit malam itu.

close

Penampakan UFO Tertangkap Kamera, Begini Penjelasannya!

Search
close