Dua Asteroid Raksasa Mengarah Ke Bumi, NASA Keluarkan Peringatan

Dua Asteroid Raksasa Mengarah Ke Bumi, NASA Keluarkan Peringatan
access_time 2 minggu yang lalu

Dua Asteroid raksasa disebutkan para ilmuwan NASA akan mengarah ke Bumi. Mereka memperingatkan bahwa asteroid itu akan terbang dekat Bumi pada pertengahan Desember mendatang.

Melansir dari Daily Record, asteroid tersebut lebih besar dari 90 persen asteroid pada umumnya, tapi bukan yang terbesar.

Asteroid raksasa mengarah ke Bumi, NASA sebut tidak ada potensi kerusakan

Melansir CNNIndonesia, NASA mengenal potensi kedatangan asteroid ‘4660 Nereus itu dengan sebutan “Potentially Hazardous Asteroid” (PHA).

Lebih lanjutnya NASA disebut terus memantau dan melacak asteroid setinggi 1.000 kaki atau sekitar 304,8 meter yang menuju ke Bumi.

Dua Asteroid Raksasa Mengarah Ke Bumi, NASA Keluarkan Peringatan
via REQNews

Untungnya, asteroid tersebut dilaporkan tidak akan berada cukup dekat dengan Bumi, sehingga potensi kerusakaan tidak terdeteksi.

Sebesar 3 kali lapangan sepakbola

Secara spesifik, NASA memprediksi asteroid akan melewati Bumi pada 11 Desember. Adapun disebutkan Badan Antariksa milik AS kalau asteroid itu berukuran hampir tiga kali ukuran lapangan sepak bola.

Meski terklarifikasi sebagai 4660 Nereus yang dianggap berbahaya, NASA mengatakan asteroid itu akan terbang melewati planet Bumi pada jarak sekitar 3,9 kilometer.

via NASA

Jarak itu sepuluh kali lebih besar dari area antara Bumi dan bulan, jadi seharusnya tidak akan menimbulkan masalah di Bumi.

Fakta menariknya, di masa lalu para ilmuwan sempat mempertimbangkan misi ke sana. Namun sampai saat ini belum pernah dilakukan.

Bukan kali pertama asteroid dekat dengan Bumi

Sebenarnya, kehadiran asteroid yang berbahaya bagi Bumi tidak jarang terjadi. Pada September lalu, laporan menyebut asteroid besar yang lebarnya sekitar 1.120 kaki akan mlewati Bumi pada tahun 2029 dengan jarak sekitar 19.000 mil.

NASA warns of possible Eiffel Tower-sized asteroid impact

Kehadiran asteroid itu nantinya akan menjadi pertemuan terdekat antara warga Bumi dan asteroid. Kendati demikian, sama seperti 4660 Nereus, asteroid itu seharusnya tidak menimbulkan kemungkinan dampak apapun.

Selain itu adapula 2021RL3 yang saat ini diketahui berada dalam jarak 1.804.450 mil dari Bumi.

close

Dua Asteroid Raksasa Mengarah Ke Bumi, NASA Keluarkan Peringatan

Search
close