Pelaku Pelempar Minta Maaf ke Taman Safari, Ini Bahaya Sampah Plastik untuk Hewan!

Pelaku pelempar sampah Taman Safari
access_time 9 bulan yang lalu

Kuda Nil Taman Safari sempat viral karena kelihatan ‘memakan’ sampah hasil buangan seorang oknum yang terekam kamera pengunjung lainnya. Pelaku tersebut sempat membuat video permintaan maaf. Setelahnya, ia mendatangi pihak Taman Safari untuk melakukan klarifikasi.

Video pengunjung yang membuat warganet gempar datang dari akun instagram @cyntiactcete. Ia mengaku tidak sempat merekam saat kejadian pelemparan terjadi. Tapi, kita dapat melihat dengan jelas sampah plastik berwarna biru di dalam mulut kuda nil yang malang itu.

Kasus pelemparan sampah ke kuda nil, pihak Taman Safari rilis klarifikasi pelaku

Pengunjung yang Beri Makan Sampah Plastik ke Kudanil Taman Safari Minta Maaf
Image via Kumparan

Selasa, 9 Maret 2021 pihak Taman Safari mem-posting di akun Instagram-nya video pelaku pelempar sampah plastik yang ternyata lansia 64 tahun.

Video IGTV berdurasi tiga menit itu menampilkan sosok ibu-ibu yang mengaku sebagai pelaku kejadian yang menimpa kuda nil tersebut. Sembari menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pihak @taman_safari, ia minta maaf.

Klarifikasi dari Ibu Khadijah. Terduga pelaku pelemparan sampah plastik ke mulut kuda nil. Terduga berusia 64 tahun yang berasal dari Cicalengka Bandung, sudah menyesali perbuatannya, meminta maaf kepada Taman Safari Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia. Saat ini Ibu Khadijah sudah dibawa oleh pihak berwenang untuk di proses secara hukum. Terima kasih Explorer atas perhatiannya kepada seluruh satwa Taman Safari IndonesiašŸ™ Salam Lestari!šŸ™.” tulis akun resmi @taman_safari diĀ captionnya.

Apa alasan pelaku melakukan pelemparan sampah ke kuda nil?

Saat pihak konservasi satwa itu menanyakan alasan melakukan hal itu, pelaku hanya menjawab bahwa ia tidak sengaja.

Itu ibu nggak sengaja,” ujar pelaku. “Ibu khilaf, khilaf,” tambahnya untuk menjawab pertanyaan mengenai hal itu.

Tolong jangan diulangi ya bu perbuatannya, karena itu berbahaya,” ujar pihak Taman Safari.

Saya minta maaf sekali, saya khilaf. Jangan ikuti kesalahan saya, untuk seluruh Indonesia.” tutup pernyataan pelaku.

Selain itu, pelaku juga menyatakan bahwa ini pertama kalinya ia datang ke tempat wisata ini. Walaupun semua itu bukanlah alasan, semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran untuk siapa pun ke depannya.

Karena, sampah plastik bisa membahayakan kesehatan hewan-hewan.

Bahaya sampah plastik untuk kesehatan hewan

Plastic waste on animals
via Getty Images

Isu mengenai sampah plastik selalu ramai jadi perbincangan di zaman ini. Menumpuknya sampah plastik (di perairan maupun daratan) bisa membahayakan kehidupan hewan sekitarnya. Terlebih lagi, jika manusia sengaja menjejalkannya ke hewan tak berdaya itu.

Apa yang terjadi jika hewan memakan bahan plastik?

Hewan yang mengonsumsi bahan plastik akan menderita dan bisa-bisa berujung kematian. Mengutip dariĀ Plastic Soup Foundation, plastik yang tertelan hewan akan mengisi perutnya sehingga rasa lapar berkurang. Maka dari itu, hewan akan makan lebih sedikit, energi pun akan lebih sedikit, mereka jadi tambah lemah.

Potongan-potongan plastik juga dapat menghambat saluran pencernaan dan sangat sulit untuk mencernanya.

Makanya, jangan lagi-lagi deh buang sampah sembarangan. Apalagi di habitat hewan!

close

Pelaku Pelempar Minta Maaf ke Taman Safari, Ini Bahaya Sampah Plastik untuk Hewan!

Search
close