close

Pariwisata Bali Berpotensi Dibuka Kembali, Ini Kata Wishnutama

By Billy Dewanda
access_time 1 bulan yang lalu Comments

Pemerintah sedang mengkaji rencana pembukaan pariwisata Bali

Seperti yang kita ketahui, selama pandemi ini semua sektor pariwisata di Indonesia ikut merasakan dampaknya sehingga mereka tidak bisa beroperasi untuk sementara waktu. Namun, setelah menjalani kurang lebih tiga bulan masa karantina ini, ada kabar baik dari sektor pariwisata Indonesia.

Profil Wishnutama, Calon Anggota Kabinet Bidang Ekonomi Kreatif ...
via Katadata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan bahwa pemerintah akan membuka kembali sektor pariwisata di daerah yang sudah aman dari Covid-19. Mengejutkannya, salah satu daerah yang berpotensi dibuka adalah pariwisata Bali.

Bali memang sudah menjadi destinasi wisata semua orang, baik itu turis dalam negeri maupun luar negeri. Keindahan Bali yang menjadi ikon wisata Indonesia pun sudah terdengar ke seluruh penjuru dunia.

Penanganan Covid-19 di Bali sangat baik

17 Best Things to Do in Bali - What is Bali Most Famous For?
via Hotels

Wishnutama pun menjelaskan alasan kenapa Bali menjadi salah satu daerah pariwisata yang berpotensi dibuka kembali. Ia mengatakan bahwa Bali merupakan salah satu daerah yang sangat baik dalam menangani Covid-19.

Yang menjadi potensi untuk dibuka kembali adalah daerah-daerah yang penanganan Covid-nya baik dan lain sebagainya sesuai dengan laporan dari gugus tugas, dan Bali adalah salah satu provinsi yang baik penanganannya,” kata Wishnutama.

Untuk saat ini, pemerintah sedang mengkaji rencana pembukaan kembali pariwisata Bali melalui koordinasi dengan kepala daerah setempat. Tentunya kajian kembali dibukanya Bali juga mengikuti dan memastikan kesiapan protokol kesehatan yang harus dilakukan dengan baik.

Persiapan untuk membuka kembali destinasi wisata

Wisnutama: Pariwisata Hanya Dibuka di Daerah Aman Covid-19 ...
via Republika

Berbagai tahapan sebelum membuka destinasi wisata pun dilakukan seperti menyiapkan, mensosialisasikan, serta melaksanakan ujicoba atau simulasi SOP. Namun keputusan ini ditegaskan kembali oleh Presiden Jokowi, jika kasus Covid-19 kembali meningkat di daerah wisata yang telah dibuka, maka destinasi tersebut harus segera ditutup kembali.

Dan tentunya kalau ada yang melanggar kami juga akan berkoordinasi denga pemda. Sampai ada yang melanggar. Ini harus disiplin sekali menurut saya, pelaksanaan SOP ini atau protokol ini harus betul-betul disiplin,” tambahnya.

Presiden Jokowi pun juga menghimbau untuk tidak terlalu terburu-buru dalam memberikan izin pembukaan kembali destinasi wisata, selagi beberapa daerah di Indonesia sedang dalam tahap menyambut new normal.

Siapa yang udah kangen liburan ke Bali?

close

Pariwisata Bali Berpotensi Dibuka Kembali, Ini Kata Wishnutama