Siap ‘New Normal’? Ini Daftar 25 Kabupaten/Kota yang Akan Menjalankannya

access_time 1 tahun yang lalu

Sebutan new normal sudah berkumandang, apakah Indonesia sudah siap?

Awal kemunculan virus corona memang sangat menghebohkan seluruh isi dunia. Kehidupan kita yang awalnya normal, kini menjadi terhambat karena kekhawatiran akan virus ini.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, lo pasti selalu mendengar seruan untuk tetap #dirumahaja demi melawan virus corona ini. Namun, seperti yang kita tahu masyarakat Indonesia memang agak ‘bandel’ jika diberi peraturan.

Hingga akhirnya DKI Jakarta telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai Jilid III. Artinya dengan peraturan apapun yang akan dibuat, tidak begitu efektif dan berdampak dalam rangka menekan angka penyebaran virus ini.

7 Potret Wajah Baru Amerika Serikat dalam Kondisi New Normal ...
via Liputan6.com

Pada akhirnya, pemerintah menyebutkan bahwa virus ini akan selalu ada dan tidak akan pernah hilang sampai ditemukan vaksinnya. Kata ‘melawan‘ akhirnya berubah menjadi ‘berdamai‘ dengan virus corona.

Berdamai ini merupakan rencana untuk beradaptasi dengan new normal di mana kita diminta untuk bisa hidup berdampingan dengan virus corona. Hal ini dimaksudkan untuk memulihkan kembali aktivitas masyarakat dengan tetap mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Presiden Jokowi ‘Blusukan’ untuk Persiapan New Normal

Presiden Joko Widodo
via ANTARA FOTO

Sebelum new normal ini diterapkan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meninjau langsung ke lapangan untuk mempersiapkan fasilitas publik kembali beraktivitas dengan penjagaan ketat. Artinya, kegiatan kita di tengah masyarakat akan terus dipantau untuk menghindari penyebaran virus corona yang semakin banyak.

Bahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan kemungkinan 4 Juni 2020 adalah PSBB terakhir yang akan diterapkan. Namun, hal itu juga akan tetap berlandaskan pada kurva penyebaran Covid-19 yang tercatat.

Kabupaten/Kota yang Akan Menjalankan New Normal

Warga Bekasi Antusias Sambut New Normal
via AyoBekasi.net

Presiden Jokowi telah mencapai final dalam rencana penerapan new normal di sejumlah wilayah di Indonesia dengan sejumlah protokol yang telah disiapkan. Jokowi juga menyebutkan, new normal akan berlaku pada wilayah yang indeks penularan corona sudah di bawah satu.

Ini dia daftar 25 kabupaten/kota yang akan menerapkan new normal:

1. Kota Pekanbaru
2. Kota Dumai
3. Kabupaten Kampar
4. Kabupaten Pelalawan
5. Kabupaten Siak
6. Kabupaten Bengkalis
7. Kota Palembang
8. Kota Prabumulih
9. Kota Tangerang
10. Kota Tangerang Selatan
11. Kabupaten Tangerang
12. Kota Tegal
13. Kota Surabaya
14. Kota Malang
15. Kota Batu
16. Kabupaten Sidoharjo
17. Kabupaten Gresik
18. Kabupaten Malang
19. Kota Palangkaraya
20. Kota Tarakan
21. Kota Banjarmasin
22. Kota Banjar Baru
23. Kabupaten Banjar
24. Kabupaten Barito Kuala
25. Kabupaten Buol
_
Tidak ada nama wilayah lo? Artinya indeks penyebaran virus corona di tempat lo masih terbilang tinggi untuk memulai new normal.
close

Siap ‘New Normal’? Ini Daftar 25 Kabupaten/Kota yang Akan Menjalankannya

Search
close