Nikah Online, Solusi Ditengah Wabah Covid-19!

access_time 1 tahun yang lalu

No hoax!

Kantor Urusan Agama, hanya akan melayani pendaftaran secara online bagi para calon pengantin yang akan menikah dalam waktu dekat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dirjem Bimas Islam Kementrian Agama.

Keputusan tersebut dipilih setelah Kementrian Agama memperpanjang penetapan sistem kerja dari rumah alias work from home (WFH) bagi seluru PNS sampai dengan tanggal 21 April 2020.

Mengutip dari CNNIndonesia, keterangan resmi tersebut disampaikan langsung oleh Kamarrudin. ‘Bagi pendafar baru, bisa melakukan pendaftaran secara online lewat website simkah.kemenag.go.id.’, begitu tuturnya.

Kamarrudin juga melanjutkan ‘Untuk saat ini, karena kebijakan work from home (WFH) bagi semua pegawai Kemenag hingga tingkat KUA, maka pelayanan pencatatan nikah dilaksakan bagi mereka yang sudah mendaftar.’

Dirinya juga memastikan kalau pelayanan pencatatan nikah akan tetap berjalan, namun pelayanan hanya berlaku bagi calon pengantin yang sudah mendaftar sebelum kebikalan WFH dijalankan seperti keterangan diatas.

Kemenag juga menghimbau para calon pasangan yang akan menikah untuk me-reschedule rencana tersebut, terkait acara prosesi dan respsi pernikahan yang kurang memungkinkan di tengah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia.

‘Jika memungkinkan, waktu seremonial acara pernikahan dijadwalkan ulang, sehingga prosesnya bisa berjalan dalam suasana dan kondisi yang lebih baik.’, begitu tutup Kamarrudin.

Tahapan yang Harus Dijalankan untuk Mendaftar Layanan Pencatatan Nikah Secara Online

Berikut ini, langkah-langkah dan hal yang harus dipersiapkan calon pengantin;

1. Akses: simkah.kemenag.go.id
2. Klik daftar nikah
3. Pilih nikah di mana:
a. Provinsi/Kab/Kota/Kecamatan
b. Tanggal dan jam
4. Masukan data calon suami dan calon istri,
5. Checklis dokumen,
6. Masukan No HP,
7. Upload foto,
8. Cetak bukti pendaftaran

Source : CNNIndonesia

Respon Netizen Mengenai Berita Tersebut

Warga Twitter, mengirimkan beberapa komentar yang ‘menggelitik’, coba lihat di bawah ini ;

Akun @raffaelard_ menuliskan candaannya soal ‘lemotnya’ koneksi yang sering kali terjadi, dirinya mengakhiri tweet dengan ‘akhirnya batal menikah’. Cuitan tersebut sontak mendapat balasan yang tidak kalah lucu.

‘Tidak batal, diulang minggu depan, pas mau diulang, ‘dia’nya sudah menikah sama yang signalnya lancar.’, begitu tulis aku @menantuibukmu. Akun lainnya justru mengirimkan salam bagi jodoh ‘online-nya’,

Ada pula yang menuliskan ‘nikah dengan voice note.’, memang urusan berkomentar, netizen Indonesia paling mahir.

Jadi siapa yang ‘ngebet‘ untuk menikah bisa mencobanya! Pastikan yang diajak nikah mau, dan bukan pasangan orang lain yah ๐Ÿ™‚

Stay home to safe lives!

close

Nikah Online, Solusi Ditengah Wabah Covid-19!

Search
close