Ngerumpi Bareng Tetangga di Kota Ini Jadi Warisan Dunia UNESCO

Ngerumpi Bareng Tetangga di Kota Ini Jadi Warisan Dunia UNESCO
access_time 1 bulan yang lalu

Sebuah kota di utara Spanyol, Algar, mendaftarkan budaya nongkrong dan ‘ngerumpi’ bareng tetangga jadi Warisan Dunia (World Heritage) UNESCO.

Tujuannya, untuk melindungi dan melestarikan kebiasaan lama yang kian lama makin tergerus karena jaringan sosial berbasis internet di masa kini. Tadinya, kumpul-kumpul tetangga di luar rumah saat malam musim panas jadi kebiasaan yang khas bagi mereka.

Tradisi yang bersemayam (namun hampir punah) di masyarakat Algar, Spanyol ini mereka beri nama “Charlas Al Fresco“. Untuk mencegah budaya itu hilang, pemerintah setempat pun mengajukan “Charlas Al Fresco” untuk mendapat status Warisan Dunia.

Charlas Al Fresco“, tradisi nongkrong dan ngerumpi bareng tetangga

Ngerumpi Bareng Tetangga di Kota Ini Jadi Warisan Dunia UNESCO
via Reuters

Melansir Reuters, tradisi ini biasa warga Algar lakukan pada musim panas. Saat matahari mulai terbenam, udara yang tadinya panas beralih jadi sejuk, penduduk Algar mulai menggotong kursi dan meja untuk nongkrong di luar rumah.

Biasanya, mereka bakal bersantai dan ngerumpi bareng tetangga sekitar, main kartu, atau cuma ingin menikmati angin sepoi-sepoi. Nggak cuma orang dewasa, anak-anak pun juga ikut bergabung dan main bersama.

Namun makin lama, makin sedikit anak muda yang mau iktu bercengkerama dalam tradisi “Charlas Al Fresco” ini.

Walikota Algar, Jose Carlos Sanchez, berharap kondisi bisa berubah seperti semula. Ia juga mengimbau supaya warga mendukung upaya kota untuk mendaftarkan tradisi ini ke UNESCO.

Untuk mencegah internet mengikis tradisi

Ngerumpi Bareng Tetangga di Kota Ini Jadi Warisan Dunia UNESCO
via Giphy

Jose Carlos Snchez mengatakan, ide ini bertujuan untuk mencegah jejaring sosial menghancurkan tradisi populer. Pasalnya, ia mengingat masa kecilnya di lingkungan Algar sebagai masa-masa menyenangkan.

Saat jejaring sosial meledak masuk, semuanya berada di sana. Sekarang aku pikir orang-orang mulai meninggalkan interaksi untuk berbicara secara langsung. Kami mencoba untuk mengembalikan harmoni dan keramahan ke cara tradisional.” katanya.

Ia juga berkata, duduk di luat itu bisa bantu mengimpan energi. Selain itu, salah satu faktor penting di Spanyol, di mana biaya listrik naik dengan drastis adalah akibat penggunaan ac di tengah gelombang panas (heat wave).

Kalau ngerumpi di tukang sayur juga jadi Warisan Dunia, gimana ya?

Baca juga:

close

Ngerumpi Bareng Tetangga di Kota Ini Jadi Warisan Dunia UNESCO

Search
close