NASA Sebut Jakarta Terancam Tenggelam!

NASA
access_time 3 bulan yang lalu

The National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyebutkan bahwa Jakarta menjadi salah satu kota yang terancam tenggelam. Tidak hanya itu, imbasnya juga akan turut dirasakan oleh pulau reklamasi.

Sebenarnya pernyataan ini sudah sering disebutkan sebelumnya, mengingat wilayah Ibu Kota jadi langganan banjir setiap tahun. Kalian semua pasti udah tau dong penyebabnya apa.

Jakarta Jadi Salah Satu Kota yang Akan Tenggelam

NASA Prediksi Jakarta Tenggelam
iStockphoto

Mendengar pernyataan NASA tentang Jakarta akan menjadi salah satu kota yang tenggelam tentu seakan menjadi mimpi buruk bagi warganya. Tidak bisa dibayangkan jika nantinya sebuah kota besar diliputi genangan air yang begitu banyak.

Pihak NASA pun mengungkap prediksi tersebut karena melihat ada sejumlah faktor yang mempengaruhinya. Beberapa penyebabnya adalah perubahan iklim, jumlah penduduk yang kian meningkat, serta eksploitasi air di kawasan Ibu Kota.

Dengan meningkatnya suhu global dan pencairan lapisan es, banyak kota pesisir akan menghadapi risiko banji yang semakin besar. Itu dikarenakan kenaikan permukaan laut,” tulis keterangan NASA.

Melihat Perbandingan Kota Jakarta Tiga Dekade Lalu

NASA
NASA

Diketahui bahwa rata-rata permukaan laut global naik sekitar 3,3 milimeter setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh intensitas hujan yang semakin tinggi serta atmosfer yang kian memanas.

Keadaan juga semakin diperparah dengan penyedotan air tanah terus menerus yang membuat sekitar 40 persen luas tanah Jakarta telah berada di bawah permukaan laut saat ini.

Read more:

Turunnya permukaan tanah di kawasan Jakarta juga semakin menjadi-jadi karena urbanisasi, perubahan fungsi lahan, serta pertumbuhan penduduk yang cepat.

Lembaga antariksa milik Amerika Serikat itu pun kemudian membagikan foto aerial Jakarta tahun 1990 yang dibandingkan dengan 2019. Gambar tersebut menunjukkan evolusi kota Jakarta selama tiga dekade terakhir.

Menurut analisis Landsat NASA, Jakarta setidaknya telah membangun 1185 hektar lahan baru di pesisir pantai. Penambahan lahan ini selalu dinilai menjadi solusi tercepat untuk mengatasi padatnya penduduk Kota Jakarta.

_

Mari kita jaga lingkungan sekitar untuk masa depan kita.

close

NASA Sebut Jakarta Terancam Tenggelam!

Search
close