Naik Haji Lewat Game, Siswa Pembuat Game Ini Dapat Penghargaan Internasional!

Game of Hajj
access_time 4 bulan yang lalu

Naik haji adalah salah satu bentuk ibadah umat Islam yang harus dipenuhi. Untuk menjalaninya, butuh berbagai persiapan, salah satunya dengan mengikuti manasik haji. Kini, ada versi virtualnya!

Dua siswa MTs Kudus, Jawa Tengah membuat inovasi dengan “Game of Hajj’ ciptaannya. Game ini merupakan permainan edukatif bertema ibadah haji.

Prestasi Internasional siswa MTs Kudus dalam ASEEF

Game of Hajj, game bertema naik haji Buatan Siswa MTs NU Banat di Kudus menang medali emas ajang ASEAN Innovative science Environmental, Entrepreneur Fair (ASEEF) tahun 2021.
Dok. MTs NU Banat Kudus

Mereka berdua merupakan murid MTs NU Banat Kudus, yaitu Syatta Imityaaz Thuvaila dan Dea Maulina Zukhrufa. Keduanya kini duduk di bangku kelas VIII.

Walaupun masih berupa karya tulis ilmiah, game ini berhasil sukses di ranah Internasional

Karya ini mereka lombakan ke tingkat Internasional, ASEAN Innovaative Science Environmental, Entrepreneur Fair (ASEEF) tahun 2021. Pada ajang tersebut, mereka berhasil meraih medali emas dan special award yang diumumkan 23 Februari lalu.

Ajang ini memiliki 450 peserta dari total 20 negara dan berlangsung secara online pada 18 – 19 Februari 2021.

‘Game of Hajj’, permainan edukasi sebelum naik haji

Game of Hajj, game bertema ibadah haji Buatan Siswa MTs NU Banat di Kudus menang medali emas ajang ASEAN Innovative science Environmental, Entrepreneur Fair (ASEEF) tahun 2021.
Dok. MTs NU Banat Kudus

Game of Hajj ini adalah game edukasi tentang pelaksanaan haji,” kata Syatta kepada Detikcom Selasa, 23 Maret.

Di samping itu, Syatta juga menerangkan bahwa game ini mereka buat untuk mempermudah pengenalan ibadah haji kepada para siswa. Semua ini datang dari keresahannya, di mana praktik manasik haji membutuhkan tempat yang luas. Makanya, ia dan temannya itu membuat game simulasi naik haji ini.

Alasan kita membuat Game of Hajj adalah karena madrasah mempunyai beberapa kendala dalam memberikan pembelajaran tentang pelaksanaan haji atau manasik haji. Seperti membutuhkan tempa yang luas dan replika tempat-tempat penting dalam haji,” lanjut Syatta.

Katanya juga, ini adalah salah satu penyampaian pelajaran fiqih, khususnya pengenalan ibadah haji dengan cara yang menyenangkan.

Nantinya, fitur-fitur lengkap ‘Game of Hajj’ bakal tersedia di smartphone

playstore logo
via PlayStore

Syatta mengatakan game ini nantinya bakal bisa kita unduh di HP melalui Google Playstore. Namun, saat ini masih dalam tahap penyempurnaan.

Dalam game ini, pengguna bisa memilih bab yang ingin mereka pelajari. Di antaranya ada bab jumrah, sa’i, thawaf, dan lainnya. Selain itu, fitur ‘Game of Hajj’ ini juga dilengkapi dengan penjelasan lewat suara dan gambar.

Baca juga:

close

Naik Haji Lewat Game, Siswa Pembuat Game Ini Dapat Penghargaan Internasional!

Search
close