Museum Louvre Hadirkan Koleksi Lengkapnya Online, Serasa ke Paris!

Museum Louvre: Mona Lisa
access_time 6 bulan yang lalu

Kangen pergi ke museum? Gak tanggung-tanggung, kita bisa langsung nikmatin karya-karya bersejarah dari Museum Louvre Paris secara online, dan gratis!

Sebagai pembaruan eksistensi online-nya, museum legendaris ini baru aja menaruh hampir setengah juta koleksi karya seni dalam platform-nya, collections.louvre.fr. Karya-karya ini, lengkap dengan informasinya bisa kita akses kapanpun.

Menikmati karya seni lewat platform online Museum Louvre

 Louvre Museum in Paris during France's second lockdown on November 7, 2020.
via Getty

Melalui press release pada hari Jumat, Museum Louvre mengumumkan bahwa mereka sudah meng-update koleksi di website resminya sebanyak lebih dari 482.000.

Website ini menampilkan koleksi karya seninya pada delapan departemen yang berbeda-beda. Mulai dari karya seni islami dan patung-patung zaman Renaissance hingga barang-barang antik mesir kuni dan lukisan karya seniman dari seluruh dunia.

Sekarang, Louvre menghilangkan debu dari harta karunnya, bahkan hingga karya yang tidak se-terkenal itu,” kata Jean-Luc Martinez, kepala direktur dari Louvre dalam pernyataannya, mengutip CNN. “Untuk pertama kali, siapapun bisa mengakses seluruh koleksi karta dari komputer maupun smartphone secara gratis, baik mereka ada di display museum, yang dipinjamkan, bahkan dalam jangka waktu panjang, atau dalam penyimpanan.” lanjutnya.

Museum Louvre ‘online‘ membantu riset dan para art enthusiasts

The Louvre Museum in Paris showing 'The Raft of the Medusa'
credit: Martin Bureau, AFP

Adanya database ini bakal memudahkan para periset dan art enthusiasts, di mana mereka bisa meng-explore lewat cara yang simpel, sampai yang lebih advanced. Hal ini karena karya-karya sudah terbagi ke departemen, bahkan album yang berbeda.

Selain itu, ada juga peta interaktif yang bisa membantu ‘pengunjung’ untuk menjelajah Museum Louvre ruang demi ruang. Rencananya, Louvre online ini bakal tersedia dalam bahasa Prancis (tentunya), Inggris, Spanyol, dan Mandarin.

Walaupun database koleksi ini bisa kita akses lewat komputer, tablet dan lain-lain, Museum Louve ini bakal paling maksimal kalau kita akses lewat smartphone. Bahkan, kabarnya juga, Museum ini bakal terus bertumbuh dengan terus meng-update datanya.

Asik, bisa jalan-jalan virtual!

Baca juga:

close

Museum Louvre Hadirkan Koleksi Lengkapnya Online, Serasa ke Paris!

Search
close