close

ūüĆü18 Menu Sarapan untuk Diet Sehat, Penuh Gizi dan Rendah Kalori

diet sehat
By Firdha Firdha
access_time 2 bulan yang lalu Comments

Laki-laki dan perempuan kini banyak yang menerapkan hidup sehat. Salah satunya adalah dengan diet sehat yang diterapkan pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Namun sayangnya, banyak yang salah kaprah dengan menu yang hendak dikonsumsi. Misalnya porsinya yang sangat sedikit, agar badan tidak melar. 

Padahal, itu bukanlah solusi, lantaran yang paling berkaitan erat dengan penurunan berat badannya adalah menu yang hendak dikonsumsi. Nah, supaya kalian tidak salah lagi, berikut adalah menu sarapan untuk diet sehat yang dapat diterapkan. 

1. Telur Rebus, Sarapan yang Pas untuk Diet Sehat  

diet sehat
Via: https://www.facetofeet.com/

Pertama, ada telur rebus yang bisa dipakai untuk sarapan. Makanan satu ini sangat pas karena telur merupakan sumber lemak dan protein yang baik untuk tubuhnya. Dari kandungan ini, khususnya protein bisa membuat perut kalian kenyang. Selain itu, telur juga bisa mencegah kalian makan berlebihan ketika siang hari. 

Menariknya lagi, telur juga mampu mempertahankan massa otot selama dalam masa penurunan berat badan atau diet sehat. Selain itu, sebuah penelitian dari University of Eastern Finland mengungkapkan bahwa telur dapat mencegah seseorang dari penyakit Alzheimer. Jadi, telur rebus dapat menjadi pilihan ketika kalian akan melakukan diet tapi ingin lebih sehat. 

2. Sereal yang Dicampurkan dengan Susu Rendah Lemak  

diet sehat
VIa: https://hellosehat.com/

Kemudian, menu untuk sarapan diet sehat yang dapat kalian pilih yaitu sereal. Makanan satu ini bisa sangat mengenyangkan apabila dicampurkan dengan susu rendah lemak. Dengan begini, kalian tidak perlu untuk makan camilan lainnya lagi. Tak hanya itu, kedua kombinasi ini sangat bergizi untuk tubuh kalian. Tapi, supaya kalian ingin lebih nikmat lagi, bisa tambahkan taburan kismis. 

3. Pisang dan Satu Roti dari Biji-bijian Utuh  

diet sehat
Via: https://www.idntimes.com/

Kalian juga bisa memilih sarapan dengan pisang berukuran kecil saat melakukan diet. Pisang dinyatakan dapat membantu perlambatan pengosongan perut, sehingga kalian yang mengonsumsinya akan kenyang lebih lama. Selain itu, buah satu ini juga mampu memenuhi serat harian kalian, namun cukup memakan satu buah pisang saja, agar jumlah kalori tetap terjaga. 

Lalu jangan lupa tambahkan satu lembar roti dari biji-bijian utuh atau yang biasa disebut dengan whole grain. Agar rasanya lebih yummy, kalian bisa menambahkan margarin atau selai pada rotinya. 

4. Oatmeal yang Dikombinasikan dengan Granola   

diet sehat
Via: https://frommybowl.com/

Selain sereal, kalian juga bisa menikmati oatmeal dan granola yang dicampurkan dengan susu rendah lemak. Kedua jenis makanan ini mempunyai kandungan serat tinggi, sehingga membuat siapa saja yang mengkonsumsinya akan merasakan kenyang lebih lama. Kelebihan lainnya, kedua makanan tersebut juga baik untuk menurunkan kolesterol dan sangat baik untuk kesehatan jantung.  

Tidak hanya itu, untuk oatmeal sendiri juga punya kelebihan lain. Di mana makanan satu ini juga punya fungsi untuk mengontrol gula dalam darah. Selain itu, oatmeal juga punya manfaat untuk membersihkan racun yang ada dalam usus serta menghilangkan lemak dalam arteri.

Kemudian, makanan ini juga memberi tubuh vitamin B, mineral, dan lemak tak jenuh yang dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk tubuh. Jadi, kalau kalian mengonsumsi keduanya, kesehatan akan tetap terjaga meskipun melakukan diet.  

Kalian bisa menyajikan oatmeal tanpa menggunakan topping. Tapi, supaya lebih nikmat lagi, oatmeal disarankan ditambahkan topping dengan beberapa buah segar. Seperti stroberi, peach, aprikot, atau raspberry.

Kemudian, untuk menikmati oatmeal, ada jam tertentu. Sebaiknya, kalian mengonsumsinya 3 jam sebelum olahraga. Alasannya karena oatmeal bisa membantu membakar kalori lebih banyak dalam tubuh. Sehingga, lemak dalam tubuh akan ikut berkurang.

5. Puding Biji Chia yang Cocok Bagi Pecinta Manis  

diet sehat
Via: https://www.klikdokter.com/

Kalian yang ingin melakukan diet sehat, masih bisa menikmati makanan manis. Salah satunya adalah puding biji chia yang bisa dicampurkan dengan buah-buahan kesukaan kalian. Menu manis ini sangat direkomendasikan, karena mengandung nutrisi tinggi dan omega 3 yang mampu mengurangi peradangan, menyeimbangkan hormon, dan tentunya menurunkan berat badan. 

6. Yoghurt yang Juga Cocok untuk Diet Sehat 

diet sehat
VIa: https://www.medicalnewstoday.com/

Selain susu rendah lemak, kalian juga bisa menikmati yoghurt sebagai penggantinya. Namun, kalian wajib memilih yoghurt dengan susu rendah lemak untuk diet sehat. Jadi, saat membelinya, pilih plain yoghurt, karena bebas gula dan kalorinya dijamin tidak akan mengganggu berat badan. 

Minuman satu ini selain bisa mengenyangkan, dapat juga membantu menjaga kesehatan dari saluran pencernaan. Dengan begitu, BAB menjadi lancar dan berat badan akan lebih stabil.  

Untuk penyajiannya, kalian bisa memakan yoghurt secara langsung. Atau supaya lebih banyak rasa, bisa berikan topping buah-buahan segar. Bisa juga potongan apel yang diolesi dengan selai kacang.

7. Olahan Paprika yang Dapat Menjadi Pilihan  

Via: https://www.masakapahariini.com/

Sarapan lain yang bisa dipilih yaitu paprika. Kalian dapat mencampurkannya dengan bahan-bahan bergizi lainnya. Seperti telur, daging, dan roti yang tentu akan membuat lambung terisi penuh meskipun porsinya tidak terlalu banyak. 

8. Beberapa Buah-buahan yang Cocok untuk Sarapan  

Via: https://malline.id/

Kalian juga dapat memilih potongan buah untuk menu sarapan. Buahnya bisa berupa apel, alpukat, pisang, atau pir. Mengkonsumsi buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, buah-buahan juga mengandung antioksidan yang di dalamnya terdapat sebuah mineral, protein, serat, dan juga lemak sehat. 

Tapi, untuk buah ini jangan kalian jadikan sebagai jus. Pasalnya, bentuk cair tidak akan membuat perut kenyang lebih lama. Namun, kalian akan lebih cepat lapar dan tentunya membuat makan banyak di siang hari. Selain itu, jus juga mengandung tambahan gula dan susu yang dapat menjadikan berat badan bertambah naik.  

Nah, ada yang perlu diperhatikan saat makan buah untuk sarapan, yaitu cepat membuat lapar kembali muncul. Maka dari itu, atur jadwal makan buah. Seperti sarapan buah pada pukul 07.00, lalu makan lagi di jam 08.00, dan dilanjutkan pada jam 10.00.

9. Jelly untuk yang Ingin Sarapan Ringan  

Via: https://www.thespruceeats.com/

Untuk yang ingin sarapan ringan, jelly bisa jadi rekomendasi. Makanan kenyal satu ini bisa memberikan energi yang cukup untuk menghabiskan hari. Selain itu, jelly juga mampu menjaga berat badan tetap stabil. 

10. Ubi yang Bisa Bikin Kenyang  

Via: https://mitrapost.com/

Menu sarapan lainnya yang bisa kalian pilih adalah ubi. Bahan makanan satu ini mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa memberikan banyak energi untuk tubuh. Selain itu, ubi juga memberikan serat tinggi yang membuat sistem pencernaan lancar dan terhindar dari gangguan. 

11. Donat Kentang yang Punya Banyak Manfaat  

Via: https://www.ikutrame.com/

Sarapan untuk diet sehat lain yang bisa dicoba yakni donat kentang. Di mana donat yang terbuat dari kentang ini dianggap menjadi penawar racun alami asam yang berlebihan pada tubuh. Kemudian, untuk kentangnya sendiri bermanfaat memperbanyak pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. 

12. Salmon yang Juga Baik untuk Diet Sehat   

Via: https://www.thespruceeats.com/

Salah satu ikan yang bisa dijadikan sarapan adalah Salmon. Ikan yang dikenal memiliki banyak gizi ini ternyata mengandung minyak ikan yang berguna untuk membantu insulin dalam transpirasi glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal ini akan membuat tubuh supaya tidak kecanduan gula secara berlebihan.

Kalian dapat mengolah ikan ini sesuai dengan selera, namun lebih baik apabila direbus saja. Hindari pengolahan ikan dengan cara digoreng, lantaran minyak bisa menyumbang lemak di dalam tubuh. 

13. Bayam yang Juga Bermanfaat Bagi Tubuh 

Via: https://resepkoki.id/

Selanjutnya, ada bayam yang dapat dikonsumsi. Sayur satu ini mengandung zat besi dan potasium yang baik untuk kebugaran dan dapat menjaga kesehatan tubuh. Bayam ini dapat diolah sesuai dengan selera, namun untuk porsinya tetap diperhatikan.  

14. Sup Tahu Tempe yang Juga Menyehatkan  

Via: https://lifestyle.okezone.com/

Menu lain yang dapat dikonsumsi adalah Sup Tahu atau Tempe. Di mana olahan dari kedelai ini mengandung protein yang bisa menyeimbangkan cairan dalam tubuh dengan asam basa. Sehingga cairan pada tubuh bisa tetap stabil. Selanjutnya,tahu dan tempe ini juga mengandung omega 3 yang dapat mengatur lemak tubuh dengan cara meningkatkan kadar kolesterol.   

15. Buah Beri yang Cocok untuk Diet

Via: https://hellosehat.com/

Apabila kalian ingin tetap sehat walaupun dalam masa diet, bisa mengonsumsi yang namanya buah beri. Untuk buah ini, banyak sekali variasinya. Seperti blackberry, stroberi, raspberry, dan blueberry. Bisa digunakan untuk diet, karena buah ini mempunyai kalori rendah, tapi banyak nutrisinya. Menariknya lagi, buah tersebut mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi rasa lapar.

Tak hanya itu, di dalam jurnal PLOS Medicine tahun 2015, buah beri mampu menurunkan bobot tubuh sebesar 0,5 kilogram. Tapi, ini bisa terjadi jika mengonsumsi buah beri setiap harinya dalam periode empat tahun.

16. Brokoli yang Baik untuk Memulai Hari

Via: https://www.deherba.com/

Ada lagi sayuran untuk diet sehat yang cocok untuk sarapan. Adalah brokoli yang bisa mencukup kebutuhan gizi kalian. Ini karena brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan serat, sehingga perut dapat kenyang selama berjam-jam.

Untuk penyajiannya, brokoli bisa diolah secara bermacam-macam. Seperti direbus, yang biasanya banyak disukai. Tapi, kalau kalian bosan dengan cara direbus, sayur ini juga dapat diolah menjadi sebuah smoothie.

17. Selai Kacang yang Dapat Dicampur dengan Roti

Via: https://lifestyle.okezone.com/

Tidak hanya roti yang cocok untuk sarapan pada saat diet sehat. Karena pelengkapnya, yaitu selai juga sangat bergizi untuk tubuh. Khususnya adalah selai kacang. Pasalnya, kacang mengandung lemah tak jenuh yang sangat menyehatkan.

18. Roti Gandum yang Dilengkapi dengan Bahan Bergizi Lainnya

Via: https://www.idntimes.com/

Selanjutnya, ada roti gandum yang dapat menjadi pilihan. Roti ini sebaiknya dilengkapi dengan isian daging asap atau telur, daun selada, dan tomat. Agar banyak nutrisi yang bisa didapat. Seperti karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan protein.

Tapi, untuk isiannya, pastikan memperbanyak sayuran daripada daging atau telurnya. Ini karena serat yang dihasilkan sayuran, bisa membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, bisa melancarkan saluran pencernaan.

Itulah beberapa menu untuk sarapan bagi kalian yang ingin melakukan diet sehat. Namun, kalian juga wajib melakukan beberapa hal untuk menyeimbangkan diet tersebut. Seperti olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Dengan begitu, diet yang akan kalian lakukan tidak akan sia-sia dan dijamin tubuh menjadi lebih sehat. Tapi, untuk lebih amannya lagi, kalian berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter agar diet yang dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh.  Jadi, kapan kalian ingin menerapkan sarapan dan cara hidup sehat? 

close

ūüĆü18 Menu Sarapan untuk Diet Sehat, Penuh Gizi dan Rendah Kalori