🌟18 Menu Sarapan untuk Diet Sehat, Penuh Gizi dan Rendah Kalori

diet sehat
access_time 1 tahun yang lalu

Laki-laki dan perempuan kini banyak yang menerapkan hidup sehat. Salah satunya adalah dengan diet sehat yang diterapkan pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Namun sayangnya, banyak yang salah kaprah dengan menu yang hendak dikonsumsi. Misalnya porsinya yang sangat sedikit, agar badan tidak melar. 

Padahal, itu bukanlah solusi, lantaran yang paling berkaitan erat dengan penurunan berat badannya adalah menu yang hendak dikonsumsi. Nah, supaya kalian tidak salah lagi, berikut adalah menu sarapan untuk diet sehat yang dapat diterapkan. 

1. Edamame, si Kacang Kaya Protein

Via: Cookin

Pertama, kamu bisa mengkonsumsi edamame. Kacang kedelai muda satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satu di antaranya adalah untuk melakukan diet. Ini karena kacang tersebut mempunyai kandungan lemak yang cukup rendah. Selain itu, edamame juga kaya akan protein dan juga serat. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolahnya menjadi Edamame Bean Spaghetti.

2. Telur Rebus, Sarapan yang Pas untuk Diet Sehat  

diet sehat
Via: https://www.facetofeet.com/

Pertama, ada telur rebus yang bisa dipakai untuk sarapan. Makanan satu ini sangat pas karena telur merupakan sumber lemak dan protein yang baik untuk tubuhnya. Dari kandungan ini, khususnya protein bisa membuat perut kalian kenyang. Selain itu, telur juga bisa mencegah kalian makan berlebihan ketika siang hari. 

Menariknya lagi, telur juga mampu mempertahankan massa otot selama dalam masa penurunan berat badan atau diet sehat. Selain itu, sebuah penelitian dari University of Eastern Finland mengungkapkan bahwa telur dapat mencegah seseorang dari penyakit Alzheimer. Jadi, telur rebus dapat menjadi pilihan ketika kalian akan melakukan diet tapi ingin lebih sehat. 

3. Sereal yang Dicampurkan dengan Susu Rendah Lemak  

diet sehat
VIa: https://hellosehat.com/

Kemudian, menu untuk sarapan diet sehat yang dapat kalian pilih yaitu sereal. Makanan satu ini bisa sangat mengenyangkan apabila dicampurkan dengan susu rendah lemak. Dengan begini, kalian tidak perlu untuk makan camilan lainnya lagi. Tak hanya itu, kedua kombinasi ini sangat bergizi untuk tubuh kalian. Tapi, supaya kalian ingin lebih nikmat lagi, bisa tambahkan taburan kismis. 

4. Pisang dan Satu Roti dari Biji-bijian Utuh  

diet sehat
Via: https://www.idntimes.com/

Kalian juga bisa memilih sarapan dengan pisang berukuran kecil saat melakukan diet. Pisang dinyatakan dapat membantu perlambatan pengosongan perut, sehingga kalian yang mengonsumsinya akan kenyang lebih lama. Selain itu, buah satu ini juga mampu memenuhi serat harian kalian, namun cukup memakan satu buah pisang saja, agar jumlah kalori tetap terjaga. 

Lalu jangan lupa tambahkan satu lembar roti dari biji-bijian utuh atau yang biasa disebut dengan whole grain. Agar rasanya lebih yummy, kalian bisa menambahkan margarin atau selai pada rotinya. 

5. Oatmeal yang Dikombinasikan dengan Granola   

diet sehat
Via: https://frommybowl.com/

Selain sereal, kalian juga bisa menikmati oatmeal dan granola yang dicampurkan dengan susu rendah lemak. Kedua jenis makanan ini mempunyai kandungan serat tinggi, sehingga membuat siapa saja yang mengkonsumsinya akan merasakan kenyang lebih lama. Kelebihan lainnya, kedua makanan tersebut juga baik untuk menurunkan kolesterol dan sangat baik untuk kesehatan jantung.  

Tidak hanya itu, untuk oatmeal sendiri juga punya kelebihan lain. Di mana makanan satu ini juga punya fungsi untuk mengontrol gula dalam darah. Selain itu, oatmeal juga punya manfaat untuk membersihkan racun yang ada dalam usus serta menghilangkan lemak dalam arteri.

Kemudian, makanan ini juga memberi tubuh vitamin B yang bisa menjadi makanan penambah darah, mineral, dan lemak tak jenuh yang dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk tubuh. Jadi, kalau kalian mengonsumsi keduanya, kesehatan akan tetap terjaga meskipun melakukan diet.  

Kalian bisa menyajikan oatmeal tanpa menggunakan topping. Tapi, supaya lebih nikmat lagi, oatmeal disarankan ditambahkan topping dengan beberapa buah segar. Seperti stroberi, peach, aprikot, atau raspberry.

Kemudian, untuk menikmati oatmeal, ada jam tertentu. Sebaiknya, kalian mengonsumsinya 3 jam sebelum olahraga. Alasannya karena oatmeal bisa membantu membakar kalori lebih banyak dalam tubuh. Sehingga, lemak dalam tubuh akan ikut berkurang.

6. Puding Biji Chia yang Cocok Bagi Pecinta Manis  

diet sehat
Via: https://www.klikdokter.com/

Kalian yang ingin melakukan diet sehat, masih bisa menikmati makanan manis. Salah satunya adalah puding biji chia yang bisa dicampurkan dengan buah-buahan kesukaan kalian. Menu manis ini sangat direkomendasikan, karena mengandung nutrisi tinggi dan omega 3 yang mampu mengurangi peradangan, menyeimbangkan hormon, dan tentunya menurunkan berat badan. 

1 2 3chevron_right
close

🌟18 Menu Sarapan untuk Diet Sehat, Penuh Gizi dan Rendah Kalori

Search
close