close

You Should be Worried, Banana Will Go Extinct

By Andreas Lee
access_time 11 bulan yang lalu Comments

Should you worried that bananas will go extinct? Yes, you should.Buah yang sangat populer di dunia ini dikabarkan akan punah, diakibatkan penyakit tanaman bernama Panama Diseases. Penyakit yang menyerang pisang Cavendish ini dikenal sebagai Panama Tropical Race 4 atau TR4 yang pertama diidentifikasi pada tahun 1989 di Taiwan oleh Randy Ploetz. TR4 merupakan sejenis jamur yang kebal terhadap obat anti jamur yang mudah tersebar keseluruh pohon pisang dalam satu perkebunan.

Sebelumnya terdapat penyakit serupa bernama Panama Tropical Race 1 atau TR1 yang sempat memunahkan pisang Gros Michel. Gros Michel merupakan jenis pisang yang bentuknya sangat mirip dengan Cavendish dan merupakan pisang yang paling sering dimakan pada tahun 1900 hingga akhirnya Panama Diseases menyerang.

TR1 menyerang pada akarnya terlebih dahulu kemudian menjalar sampai dengan batang pohonnya. Gejala yang paling mencolok adalah bagian daun pertama akan menguning dan akan menjalar hingga akhirnya tumbuhan tersebut mati. Penyakit ini memang memunahkan Gros Michel pada tahun 1950. Kepunahan pisang jenis Gros Michel disebabkan tidak cukup lahan yang cocok untuk buah pisang. Bahkan punahnya Gros Michel membuat para pecinta pisang membuat lagu tentang punahnya pisang dipasar-pasar.

Tanda-tanda kepunahan Gros Michel memang sudah diprediksi, yang kemudian diadakan ekspedisi pencarian pisang yang tahan akan penyakit Panama Disease TR1 untuk menggantikan Gros Michel yang sekarang sering sekali dimakan oleh banyak orang yaitu pisang Cavendish.

Melunjaknya penjualan pisang Cavendish ini menjadi persaingan untuk para penjual pisang hingga Chiquita salah satu merek penjual pisang mengakui membayar teroris untuk menjaga para pekerja pisang. Penjualan yang melonjak ini membuat selisih dengan USA dan Uni Eropa yang dijuluki Banana Wars

Terlepas dari itu, pisang Cavendish yang sangat digemari oleh para konsumen ini akan punah. Randy Ploetz mengatakan bahwa wabah pisang ini telah tersebar dimana-mana dan sebentar lagi akan mewabah keseluruh wilayah perkebunan pisang. Berawal dari Asia Tenggara hingga akhirnya menyebar ke area Africa dan Eropa.

Meskipun James Dale, profesor Agricultural Biotechnology, Queensland University of Technology, telah melakukan rekayasa genetik untuk mencegah wabah panama terhadap pisang Cavendish, namun Anti-GMO menolak keras penggunaan teknik kimia tersebut dan bersikeras untuk memakan pisang yang alami.

Pascal Liu, Senior Economist, Food, Agliculture dari Organisasi Persatuan Negara-Negara mengatakan penjualan Cavendish sangat tinggi ketimbang Gros Michel dan wabah TR4 ini termasuk salah satu ancaman yang besar yang belum banyak sampai di berbagai wilayah tetapi jika sampai akan mempengaruhi pendapatan dan ekonomi penjual pisang khususnya Amerika.

Are you worried that bananas will go extinct? Share your thoughts on comment sections down below

close

You Should be Worried, Banana Will Go Extinct