Mengenang Ng Man Tat, Ini 5 Filmnya Paling Memorable!

Ng Man Tat Shaolin Soccer
access_time 5 bulan yang lalu

Ng Man Tat yang kita kenal sebagai Aktor senior Hong Kong dikabarkan meninggal dunia pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 pukul 17.16.

Orang yang akrab di telinga dan mata kalangan generasi ’90-an ini wafat di usia 68 tahun, kabarnya karena kanker hati.

Ng Man-tat
via Deadline

Dia meninggalkan kami dalam damai. Dokter sudah memberinya obat untuk membuatnya merasa lebih baik. Dia meninggal saat tidur.” ujar Tenky Tin Kai Man, sahabat dekatnya.

Selain Tin, anggota keluarga, termasuk istri, anak-anak, dan saudaranya juga hadir saat ‘paman Tat’ meninggal dunia.

Paman Tat kesayangan kita ini tentu sudah membintangi ratusan film dan serial TV sepanjang karirnya yang dimulai sejak umur 22 tahun. Mulai dari Film pertamanya ‘Hong Kong Emmanuelle‘ (1977), hingga film terakhirnya ‘The Wandering Earth‘ (2019).

Bagi penggemar film komedi Hong Kong ’90-an, pasti gak asing dengan judul-judul berikut.

5 Film Ng Man Tat paling memorable

Dari sekian banyak film yang dibintangi Ng Man Tat, ini 5 film yang dianggap paling ‘berkesan’.

1. Shaolin Popey

Ng Man-tat,  Shaolin Popey
via Kompas

Bagi pecinta film Bo Bo Ho, pasti familiar sama film ini. Shaolin Popey ini bisa dikatakan sebagai film paling ikonik yang dibintangi Ng Man Tat.

Berperan sebagai paman biksu sekaligus guru Bo Bo Ho, ia beradu peran dengan Xiao-long Chen, dan Pi Shao Quan yang muncul sebagai bocah biksu. Paman biksu dikisahkan kerap bernasib sial karena niat buruknya mengerjai dua muridnya malah berbalik padanya.

Aksi-aksi iseng Bo Bo Ho ke paman Tat yang mengocok perut ini pun juga gak mungkin bisa kita lupain.

2. Shaolin Soccer

Shaolin Soccer (2001) directed by Stephen Chow •
via Letterboxd

Selain Shaolin Popey, film Tat yang juga mengundang tawa adalah Shaolin Soccer. Film ini jadi salah satu film Hong Kong tersukses sepanjang masa.

Kali ini, ia beradu peran dengan salah satu sahabatnya, Stephen Chow. Chow juga menjadi sutradara dan penulis naskah film komedi sepakbola ini.

Film ini bercerita tentang seorang shaolin yang jago bela diri (diperankan Stephen Chow). Kemudian, kmampuannya dalam sepakbola dilatih oleh mantan pesepakbola yang kakinya cedera (Ng Man Tat). Aksi kocak film ini pastinya memprable banget!

3. All For The Winner

All For The Winner Ng Man Tat, Stephen Chow
via YESASIA

Masih dengan Stephen Chow, film ini bercerita tentang seorang bocah (Sing) dengan kemampuan istimewa yang dimanfaatkan pamannya untuk perjudian. Sing (diperankan Stephen Chow) bahkan dikenal sebagai ‘Saint of Gambling‘ dan terjun ke dunia turnamen judi tingkat tinggi.

Adu Akting antara Ng Man Tat dan Stephen Chow ini menuai banyak pujian. Film ini menjadi salah satu film terbaik Tat.

4. Fight Back to School

 Fight Back To School: Stephen Chow dan Ng Man Tat
via Vidio Blog

Paman Tat ini memang terkenal sebagai ‘Aktor Pendukung Emas‘ di industri film Tiongkok dan ia juga memenangkan Penghargaan Film Hong Kong sebagai ‘Aktor Pendukung Terbaik’.

Peran-peran pendukung itu ia dapatkan, terutama di film-filmnya bersama Stephen Chow, salah satunya film ini. ‘Fight Back to School‘ menceritakan tentang seorang polisi yang akan dipecat, namun diberi kesempatan untuk menyelidiki kasus pencurian.

Ng Man Tat berperan sebagai detektif rekan Stephen Chow di film ini. Kesuksesan film ini membawa pada seri keduanya, yaitu ‘Fight Back to School II‘.

5. The Wandering Earth

Terakhir, dan yang merupakan salah satu aksi terakhir dari aktor kesayangan kita ini, adalah film rilisan 2019 ‘The Wandering Earth‘.

Film ini bercerita tentang umat manusia yang membangun pendorong planet raksasa untuk memindahkan bumi keluar dari orbitnya menuju galaksi lain. Namun bahaya datang dengan tak terduga. Maka, untuk menyelamatkan bumi dari kepunahan, sekelompok anak muda berjuang untuk kelangsungan hidup manusia.

Ng Man Tat mengambil bagian dalam cerita sekelompok anak muda tersebut dalam film keluaran Netflix ini.

Baca juga:

Jadi, mau rewatch yang mana?

Karya-karya Ng Man Tat akan selalu abadi di hati kita semua.

May the beloved actor rest in peace.

close

Mengenang Ng Man Tat, Ini 5 Filmnya Paling Memorable!

Search
close