close

Vaksin Corona Bakal Ada Dua Jenis, Ungkap Bill Gates: Apa Bedanya?

Vaksin Corona Bakal Ada Dua Jenis, Ungkap Bill Gates: Apa Bedanya?
By Kevin Andreas
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Menurut Bill Gates, kedua vaksin tersebut akan punya karakteristik dan fungsi yang berbeda

Bill Gates baru saja mengumumkan dua karakteristik vaksin yang tengah dievaluasi untuk mencegah infeksi Covid-19.

Dilansir dari CNN, vaksin yang pertama memiliki karakteristik yang dapat mencegah seseorang terpapar virus corona baru, sementara yang kedua memungkinkan seseorang yang terpapar Covid-19 tidak menularkan virus tersebut ke orang lain.

Meski begitu, Bill Gates mengungkapkan bahwa vaksin tersebut mungkin tidak menghambat transmisi virus secara sempurna.

Jika itu adalah vaksin yang hebat, termasuk memblokir penularannya, semua akan mendapat manfaat bahwa 70 sampai 80 persen orang akan menggunakan vaksin itu,” ungkap Gates.

Bill Gates ungkap kapan vaksin Corona akan tersedia

Dilansir dai CNN, Bill Gates mengungkapkan bahwa vaksin virus SARS-CoV-2 tersebut akan tersedia pada akhir 2020 atau awal 2021 mendatang.

Perlu diketahui pula, pengembangan vaksin tersebut dilakukan degan waktu yang cepat dan terbatar. Menurut Bill Gates, para ilmuwan bahkan tak memiliki banyak waktu untuk menguji vaksin ke berbagai kelompok umur.

Ia juga menyinggung soal beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa seseorang yang sembuh dari Covid-19 memiliki antibodi atau kekebalan yang cukup kuat.

Kita seharusnya bisa mendapatkan kekebalan kelompok (herd immunity). Jadi hal itu secara eksponensial menurunkan angka (penurunan angka kasus Covid-19),” tutur Gates.

Jika vaksin Corona sudah diproduksi, siapa yang kebagian duluan?

Dengan beban dan risiko kerja yang begitu tinggi, Bill Gates melalui yayasan yang ia bangun bersama istrinya yaitu Bill & Melinda Gates Foundation, akan memberikan vaksin Corona untuk petugas kesehatan yang berada di garda depan.

Selain itu, Bill Gates juga akan mencegah adanya praktek jual-beli vaksin. Dengan demikian, distribusi akan berlangsung secara adil, alih-alih diberikan kepada negara-negara dengan penawaran harga tertinggi.

Perlu diketahui pula total dana yang telah diinvestasikan Gates untuk membuat vaksin sudah mencapai nilai US$5,7 miliar. Dengan nilai tersebut, Bill Gates berharap bisa menyelamatkan 8 juta jiwa.

Sementara nunggu vaksin corona, opsi terbaik yang kita miliki sekarang tentu masih dengan menjaga jarak dan rajin cuci tangan. Stay safe y’all!

close

Vaksin Corona Bakal Ada Dua Jenis, Ungkap Bill Gates: Apa Bedanya?