Matahari Buatan China Sukses Menyala, Apa Sih Fungsinya?

access_time 12 bulan yang lalu

Sebuah catatan sejarah baru, ‘matahari buatan’ di China telah sukses dinyalakan. Hal tersebut merupakan tanda kemajuan penelitian melalui reaktor fusi nuklir ini.

Kabarnya, alat ini disebut sebagai matahari buatan karena panas dan tenaganya sangat besar. Tapi, apa sih fungsi dari reaktor fusi nuklir ini?

“Matahari Buatan” Berhasil Dinyalakan

matahari buatan
via AFP

Kalau Lo belum kebayang, alat ini seperti yang dibuat oleh Doctor Octopus di film Spider-Man 2 (2004). Ia dengan ambisiusnya ingin menciptakan reaktor yang bisa memberikan daya bagi seluruh dunia layaknya matahari abadi.

Mungkin mirip-mirip fungsinya, kalau reaktor HL-2M Tokamak ini dirancang untuk meniru reaksi alam yang terjadi di bawah sinar matahari. Makanya reaktor ini dianggap sebagai ‘matahari buatan’ karena fungsi dan kekuatannya sama.

matahari buatan
via Kincir

Bahkan, karena reaktor ini menggunakan medan magnet yang kuat, suhunya bisa mencapai lebih dari 150 derajat Celcius. Artinya, reaktor HL-2M Tokamak bisa dibilang 10 kali lebih panas dari inti matahari sesungguhnya.

Selain fungsi yang udah dijelasin di atas, keuntungan adanya reaktor ini adalah tidak mengeluarkan gas rumah kaca. Selain itu juga dapat mengurangi resiko kecelakaan atau pencurian bahan atom.

Mirip Punya Doctor Octopus “Spider-Man 2”

matahari buatan
via Fusion Group

Alat ini seakan awalnya imajinasi, ternyata bisa jadi kenyataan. Reaktor ini mungkin lebih dulu terlihat pada film Spider-Man 2, dimana Doctor Octopus menciptakan sebuah reaktor yang bisa menghasilkan energi fusi sangat besar.

Tapi di awal ia merancang alat ini, beberapa kali eksperimennya gagal sampai harus rela istrinya meninggal. Kesedihan itu yang bikin Doctor Octopus semakin berambisi untuk membuat reaktor yang lebih besar.

Siapa sangka kalau reaktor ini ternyata ada gunanya untuk kehidupan nyata.

_

Gimana menurut Lo?

close

Matahari Buatan China Sukses Menyala, Apa Sih Fungsinya?

Search
close