Masak Pho “Mie Vietnam” Ternyata Tidak Sulit, Begini Caranya!

Masak Pho "Mie Vietnam" Ternyata Tidak Sulit, Begini Caranya!
access_time 4 bulan yang lalu

Masak Apa : Mask Pho “Mie Vietnam” yang cocok menemani saat cuaca lagi rajin hujan

Masak Pho “Mie Vietnam” akan menjadi menu yang dibahas dalam edisi masak apa kali ini. Berhubung cuaca Ibukota Jakarta belakangan sering hujan, hidangan berkuah dengan rasa kaldu daging ini sepertinya bisa menjadi comfort food.

Walau menjadi salah satu kuliner favorit warga Jakarta, sangat disayangkan semakin sulit menemukan restoran enak yang berujalan Pho. Bahkan lebih banyak restoran yang tutup dibanding restoran baru yang buka.

Jadi bisa dibilang, sekarang ini semakin sulit menemukan restoran yang menjual pho. Beruntung ada salah satu YouTuber yang belum lama ini mengajarkan cara memasak hidangan khas asal Vietnam ini dan ternyata tidaklah begitu sulit.

So tanpa panjang lebar, begini tips dalam membuat hidangan ini ;

Kaldu menjadi kunci utama dari hidangan ini

Berbeda dengan mie pada umumnya yang disajikan tanpa kuah, rasa enak hidangan ini sangat bergantung dari kuahnya. Bahkan bisa dibilang kuah kaldu yang failed akan langsung merusak citra rasa hidangan ini.

Berhubung kaldu jadi bintang utama, maka sebelum membuat hidangan ini, Lo harus menyiapkan beberapa bahan utama yang krusial untuk pembuatan kaldunya. 

Baik daging, iga sapi dan kikil tersebut wajib di masak dan dalam proses masaknya agar kaldunya lebih ‘bersih’, Lo wajib membersihkan scum alias membuang air rebusan tersebut.

Sembari menunggu, lo bisa menyangrai beberapa rempah-rempah yang nantinya akan dimasukan ke dalam proses pembuatan kaldu.

Setelah itu, keluarkan daging, iga dan kikil yang baru saja direbus dan bersihkan kotoran jika masih ada. Kemudian siapkan panci presto dan masukan seluruh daging, iga, kikil yang sudah dibersihkan bersama dengan rempah yang sudah disangrai.

Jangan lupa tambahkan air, dan masak sampai sekitar 1 jam.

Agar kuah semakin ‘clean’ jangan lupa disaring kembali

Setelah kuah kaldu matang, sebenarnya bisa langsung disajikan bersama dengan mie putih khas Vietnam yang mirip dengan kwetiauw.

Namun untuk mendapatkan kuah kaldu yang benar-benar bersih dan lebih light (ringan), Lo dapat sekali lagi menyaring kuah kaldunya. Caranya adalah dengan menggunakan kain tipis seperti kasa untuk menyaringnya.

Jangan lupa tambahkan gula batu dan sesuaikan rasa dengan lidah Lo

Setelah itu, panaskan kuah dan jangan lupa tambahkan gula batu untuk menambahkan kesan manis pada kuah. Pasalnya hidangan ini memiliki rasa kuah yang umami.

via Amazon

Tidak lupa, bagi pecinta rasa gurih dapat menambahkan penyedap sesuai dengan selera. Selain itu, pastikan juga Lo tidak lupa menambahkan kecap ikan sebagai pelengkap rasa kuah kaldu ini.

Nah untuk lebih detailnya, langsung aja tonton video di bawah ini!

Selamat mencoba!

 

close

Masak Pho “Mie Vietnam” Ternyata Tidak Sulit, Begini Caranya!

Search
close