PSBB Total Berlanjut: Mall Mungkin Ditutup Lagi, Bioskop Batal Buka

PSBB Total Berlanjut: Mall Mungkin Ditutup Lagi, Bioskop Batal Buka
access_time 11 bulan yang lalu

PSBB kembali berlaku, mall kemungkinan besar ditutup, sementara pengelola bioskop cuma bisa legowo

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhinya menarik rem darurat. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total kembali diberlakukan hingga warga Jakarta harus kembali mengurangi aktivitasnya di area publik.

Dengan demikian, mall kabarnya akan kembali ditutup sementara bioskop batal beroperasi

View this post on Instagram

Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 di DKI Jakarta memutuskan untuk menarik rem darurat, kembali menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Keputusan ini diambil berdasarkan indikator utama tingkat kematian (Case Fatality Rate) dan tingkat keterisian rumah sakit (Bed Occupancy Ratio) baik untuk tempat tidur isolasi, maupun ICU yang semakin tinggi dan menunjukkan bahwa Jakarta berada dalam kondisi darurat. Kita terpaksa tarik rem darurat, dan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar seperti masa awal dahulu, bukan lagi PSBB Transisi. Kita akan menerapkan kembali arahan Presiden di awal wabah dahulu, yaitu bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah dari rumah. Akan ada waktu 4 hari ke depan bagi pengelola perkantoran untuk mempersiapkan diri menghadapi PSBB yang akan kita mulai hari Senin (14/9). Harap persiapkan segalanya dengan baik. Kita semua pernah mengalami PSBB ketat beberapa bulan lalu, kita semua sudah lebih tahu apa yang perlu kita persiapkan sesuai kebutuhan masing-masing. Kami akan terus memberikan informasi dan panduan secara bertahap dalam hari-hari ke depan. Seluruh jajaran Pemprov DKI berkomitmen untuk bekerja keras dan bersiaga penuh selama masa pembatasan ini untuk meringankan beban masyarakat. Kita akan kalahkan wabah ini bersama-sama. Cobaan wabah ini memang besar. Namun, cobaan besar ini bisa berkurang rasa beratnya bila kita saling mendukung. Kami juga segera berkomunikasi pemerintah tetangga Bodetabek dan berkoodinasi bersama, karena wabah ini kita alami sebagai satu daerah megapolitan bersama dan harus kita selesaikan bersama-sama juga. Ini saatnya kita bersatu, bergotong-royong melawan virus ini. Kita berdoa pada Allah SWT agar segera mengangkat wabah ini secepatnya. Semoga Allah merahmati kota Jakarta, merahmati Nusantara, dan melindungi kita semua.

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Baca juga: Balap Liar Kini Nggak Lagi Pake Motor, tapi Lari!

Mall kembali tutup selama PSBB

Kemungkinan penutupan mall diungkapkan oleh pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya.

Menurut dia, penutupan ini sesuai dengan aturan PSBB sebelumnya yang diterapkan pada Maret lalu. Hanya bagi supermarket atau pasar modern yang berada di dalam mall yang diizinkan untuk beroperasi.

Sementara itu, restoran hanya melayani pesanan delivery untuk pelanggan.

Seperti awal PSBB, mal buka hanya untuk supermarketnya saja,” kata Gumilar, dilansir dari Kompas.com, Kamis (10/9/2020).

Pin on Mon's gifs galore

Baca juga: “Story of Kale” Siap Dirilis tapi Nggak Tayang di Bioskop, Trus Nonton Dimana?

Bioskop batal beroperasi karena pemberlakuan kembali PSBB

Sempat dikabarkan akan beroperasi kembali, bioskop pun nampaknya gagal buka. Padahal, sebelumnya pada 26 Agustus lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa pembukaan kembali bioskop akan dilakukan dalam waktu dekat.

Hal ini diakui pula oleh Gumilar.

Iya ditunda dulu (pembukaannya),” ucap Gumilar. “Kita tunggu pergub PSBB-nya dulu ya. Nanti kita buatkan SK (surat keputusan) Kadis turunannya,” kata dia.

Sad Season 1 GIF by AwesomenessTV - Find & Share on GIPHY

Baca juga: Kisah Misteri Makanan yang Hilang Secara Misterius, Penyebabnya Terungkap Lewat Rekaman CCTV

Respon pengelola soal bioskop batal beroperasi

Merespon hal ini, pihak pengelola bioskop pun memilih untuk legowo dan tetap patuh.

Selama hampir 7 bulan ini kan sudah belajar banyak. Kita ikutin pemerintah saja, karena pemerintah lebih jeli melihat situasi kondisinya,” ujar Ketua Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin.

Sekarang semuanya juga sudah pontang panting, tidak ada yang disalahkan. Ini suatu pelajaran yang Allah kasih kepada manusia,” lanjut dia.

Dari skala 1 sampe 10, seberapa siap lo untuk kembali PSBB tanpa mall dan bioskop? Tell us in the comments below!

close

PSBB Total Berlanjut: Mall Mungkin Ditutup Lagi, Bioskop Batal Buka

Search
close