🧸8 Mainan Anak Perempuan ‘90an yang Bikin Kangen

By
access_time 7 hari yang lalu

Sebelum pegangannya makeup dan alat rias, kita pernah kegandrungan mainan anak perempuan saat masih kecil. Iya apa iya?

Untuk generasi yang masa kecilnya berada di tahun 90’an atau awal 2000-an, barangkali masih sempat merasakan beberapa mainan atau permainan legendaris masa itu. Sekarang sih, banyak terwakili dengan gadget yah.

Mari kita sejenak bernostalgia dengan beberapa hal menyenangkan di masa kecilnya anak perempuan jaman 90-an. Kamu pernah ngalamin yang mana nih?

Mainan anak perempuan legend, bongkar pasang

Sumber: BoombastisPermainan yang satu ini adalah awal mula dari kesukaan kita ber-OOTD. Yep, selembar kertas dengan satu hingga 2 orang karakter perempuan dan beberapa baju serta aksesorisnya ini, memang memiliki keseruan tersendiri. Padu padan baju gaun atau setelan hingga leher si karakter lecek dan hampir copot, saking antusiasnya jiwa-jiwa fesyenista kita.

Lompat tali

Sumber: Tribunnews

Permainan outdoor ini juga menjadi salah satu favorit anak perempuan. Ada juga sih anak laki-laki yang biasanya ikut memainkan. Tali terbuat dari jalinan karet yang bisa kita beli dengan harga cukupan untuk uang jajan masa itu. Nah, sebenarnya paling tidak permainan ini membutuhkan 3 orang.

Tapi pasti ada yang pernah ngalamin kekurangan pemain, sehingga talinya dikaitkan di tiang pohon atau tiang rumah. Yah, namanya juga usaha yekan. Yang penting seru-seruan jalan terus. Challenge permainan lompat tali adalah level ketinggiannya. Siapa nih yang pernah berhasil sampai level paling tinggi di atas kepala?

Bola bekel

Sumber: Dictio Community

Bola bekel ini juga merupakan salah satu jenis permainan yang melatih ketangkasan. Meski namanya bola bekel, tantangannya adalah mengambil bidak-bidak kecil sembari si bola terus memantul. Tidak boleh saling  bersentuhan antar tangan dengan bidak lain. Bila ada bidak yang jatuh saat kita sedang mengambil bidak lainnya pun dianggap gagal.

Kita pasti punya teman yang bisa expert banget memainkan bekel ini. Saking ahlinya, sampai meski bidak tercecer berjauhan pun, dia bisa menyelesaikan permaianan. Walau kadang butuh sedikit atraksi bak pemain bulu tangkis tersungkur saking ambisinya untuk achieve target.

Mainan anak perempuan dakon

Sumber: GNFI

Permainan dakon ada beberapa versi di beberapa daerah. Ada juga yang menyebut mainan anak perempuan ini sebagai congklak. Banyak yang bilang kalau permainan ini konon adalah board game atau mainan tertua di dunia. Dakon atau congklak bahkan menurut sejarahnya berawal dari Arab dan dibawa ke Nusantara.

Permainan ini kita lakukan dengan cara membagikan biji-biji congklak atau dakon pada lubang-lubang hingga biji tersebut habis. Pemenangnya adalah yang berhasil mendapatkan biji terbanyak di lubang indukan.  Permainan ini sederhana, tapi tetap seru karena ternyata memang sambil mengasah fokus kita.

Pasta balon tiup

Sumber: Youtube

Tidak semua anak menginvestasikan uang jajan pada makanan. Ada juga yang buat beli mainan di abang-abang. Salah satunya pada pasta balon tiup ini. Seru banget, karena dari pasta kecil yang ditiup, bisa menjadi balon besar dan kecil.

Ada juga yang terampil untuk membuatnya jadi bentuk-bentuk unik. Balon tiup biasanya dilengkapi dengan sedotan kuning agar kita bisa meniupnya jadi balon yang sangat besar. Yah, walau endingnya bakal dicabik-cabik juga sih.

Kitchen set masak-masakan

Sumber: Shopee

Ini nih yang paling seru. Punya kompor, panci, wajan dan piring sendiri buat masak-masakan. Ada kalanya, orang tua membelikan mainan ini supaya tangan kita nggak ‘rajin’ memainkan alat-alat masak di dapur. Kitchen set masak-masakan memang lebih aman dan menggemaskan sih.

Tapi ada juga yang melengkapi mainan masak-masakan dengan perkakas masak plastik milik ibu. Nggak apa-apa ya, asal bukan Tupperware aja. Bisa-bisa ngambeknya tujuh hari tujuh malam.

Mainan anak perempuan engklek

Sumber: Ini Baru

Permainan ketangkasan lain yang merupakan kegemaran banyak anak perempuan adalah engklek. Jadi kalau capek lari-larian, main engklek bisa jadi variasi yang seru. Tantangannya adalah melewati kotak-kotak yang sudah kita gambar dengan melompat. Kita harus menghindari kotak yang berisi batu bidak kita, juga jangan sampai menginjak garisnya.

Kadang ada yang iseng membuat kotak sempit-sempit bener, jadinya rawan menginjak garis. Tapi kotak yang terlalu lebar juga bikin kita harus melompat lebih tinggi bagai lagu Sheila on 7. Selain menggambar kotaknya, ada juga yang memanfaatkan ubin di lantai untuk bermain.

Mainan anak perempuan modern, Polly Pocket

Sumber: House Beautiful

Mainan yang satu ini adalah upgradenya bongkar pasang. Mungkin juga belum begitu banyak yang sempat memainkan, karena Polly Pocket memang muncul jelang tahun 2000an. Meski demikian, menjadi salah satu mainan idaman, karena packaging yang menggemaskan.

Permainan ini mirip rumah-rumahan, dengan karakter dan kotak seperti kamar atau rumah. Desainnya yang everlasting, rasa-rasanya juga masih cocok bila menjadi populer lagi di masa kini.

Mainan anak perempuan di atas sebenarnya masih banyak juga yang menjual di masa kini. Hanya saja, mungkin peminatnya sudah jauh berkurang. Setiap jaman memang memiliki trennya sendiri.

Tapi, nggak ada salahnya tetap memperkenalkan mainan seperti di atas pada generasi masa kini. Karena fungsi mainan dan permainan ini dapat melatih motorik, ketangkasan dan fokus anak-anak. Jadi bisa teralihkan sejenak dari segala hal yang serba digital seperti sekarang.

close

🧸8 Mainan Anak Perempuan ‘90an yang Bikin Kangen

Search
close