Lockdown Dilonggarkan, Warga India Ricuh Beli Alkohol

Lockdown Dilonggarkan, Warga India Ricuh Beli Alkohol
access_time 1 tahun yang lalu

Minuman keras adalah sumber pendapatan pajak utama negara tersebut

Menyusul pelonggaran aturan lockdown yang terlah berlaku selama 40 hari terakhir, warga India terlihat mengantre di toko minuman keras.

Momen tersebut terlihat Senin (4/5/2020) lalu, dimana ratusan orang terlihat berkumpul di toko minuman keras sejak dini hari.

Kami telah mengurung diri selama lebih dari sebulan,” kata Asit Banerjee, 55, kepada AFP saat mengantre di Kolkata. “Alkohol akan memberi kita energi untuk menjaga jarak sosial selama pandemi,” katanya.

Merespon keramaian tersebut, polisi pun mengambil langkah tegas dengan memukul orang-orang yang berdesakan untuk mengurai keramaian.

Lockdown Corona Dilonggarkan, Warga India Antre Beli Miras

Source: AFP/DIBYANGSHU SARKAR

Bukan cuma di Kolkata, kejadian serupa juga terlihat di Ghaziabad, sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh.

Sejumlah toko-toko minuman keras terpaksa ditutup karena menimbulkan antrean panjang. “Salah satu toko dibuka pagi hari tetapi bentrokan pecah ketika banyak orang berkumpul,” kata seorang petugas polisi.

Longgarkan Lockdown, Toko Minuman Keras Diserbu Pembeli di India

Source: Media Indonesia

Percaya atau nggak, konsumsi alkohol ternyata punya peran penting untuk perekonomian India.

Uang dari penjualan alkohol adalah sumber utama pendapatan pajak di negara tersebut. Tak heran, beberapa pemimpin negara pun mendorong toko minuman keras untuk dibuka lebih awal.

Media lokal melaporkan, pemerintah Delhi bahkan menyatakan akan memberikan harga khusus “spesial corona” sebesar 70 persen untuk meningkatkan pendapatan.

Larangan Alkohol yang Bikin India Terancam Melarat - Kabar24 ...

Source: Bisnis.com

Selama pandemi ini berlangsung, negara berpopulasi 1,3 miliar jiwa itu melaporkan 42.500 kasus positif virus corona dengan 1.400 korban meninggal.

Demi memutus mata rantai infeksi pandemi COVID-19, India memberlakukan lockdown terbesar di dunia sejak akhir Maret lalu.

Namun penerapan aturan tersebut berdampak besar pada sektor ekonomi. Jutaan orang kehilangan mata pencahariannya dan menjadi pukulan telak bagi ekonomi terbesar ketiga Asia itu.

Apa hal pertama yang akan lo lakukan kalo pandemi corona ini usai? Tell us in the comments below!

close

Lockdown Dilonggarkan, Warga India Ricuh Beli Alkohol

Search
close