KRI Nanggala, Chloe Zhao, Hingga Babi Ngepet Hoaks Jadi Topik Hangat Minggu ini!

KRI Nanggala, Chloe Zhao, Hingga Babi Ngepet Hoaks Jadi Topik Hangat Minggu ini!
access_time 5 bulan yang lalu

53 awak KRI Nanggala yang gugur naik pangkat, Chloe Zhao bikin bangga Asia pada Oscar 2021, ini dia Viral of The Week!

Minggu ini rasanya seperti roller coaster, perasaan berduka atas insiden KRI Nanggala, bangga karena Chloe Zhao, sampai yang bikin geleng-geleng kepala jadi satu karena berita-berita viral minggu ini.

Dalam segmen Viral of The Week kali ini, USS Feeds bakal merangkum berita viral dalam seminggu kebelakang untuk Lo yang ketinggalan. Langsung aja check this out!


KRI Nanggala terbelah menjadi tiga, awak kapal naik pangkat

Rabu kemarin (21 April), kapal selam milik TNI AL hilang kontak pada perairan Bali saat sedang menyelam statis.

Kapal inipun hilang kontak, dugaannya mengalami blackout dan hilang kendali, sehingga gak bisa melakukan prosedut darurat untuk naik ke permukaan. Sejak kehilangan kontak TNI mengerahkan seluruh kapal dan tenaga bantuan untuk mencari KRI Nanggala.

Bantuan juga turut datang dari Australia dan Singapura. Meski proses pencarian dan evakuasi terbilang sangat sulit, kapal ini ditemukan pada kedalaman 838 meter.

Kapal ini terbelah menjadi 3 bagian besar, dan 53 awak telah dipastikan gugur dan akan naik pangkat.

Menurut KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, gak ada human error sama sekali dalam insiden ini, tapi lebih kepada faktor alam.

Foto: Wujud KRI Nanggala di Dasar Laut Perairan Bali


Piala Oscar 2021 dan Chloe Zhao

Piala Oscar tahun ini terselenggara Senin (26 April), pada dua tempat yaitu Dolby Theatre dan Union Station, Los Angeles, Amerika Serikat. Pada ajang bergengsi tahun ini, beberapa pemenang dan nominenya datang dari Asia.

Salah satunya yang paling membanggakan adalah Chloe Zhao, sutradara perempuan asia pertama yang menjadi Sutradara Terbaik (Nomadland). Filmua juga berhasil meraih penghargaan sebagai film terbaik.

Gak cuma Chloe, ada juga Yuh – Jung Youn yang memenangkan aktris pemeran pendukung (Minari). Ini juga jadi kali pertama, aktor muslim dan Asia masuk jadi nominasi, yaitu Riz ahmed (sound of metal) dan Steven yeun (minari). 

Chloe Zhao: Sutradara Perempuan Asia Pertama yang Menang Pada Penghargaan Piala Oscar 2021

Baca juga: War on Drugs, Lagu Rilisan BNN Indonesia Untuk Sampaikan Bahaya Narkoba!

Toa masjid yang bangunin sahur menimbulkan pro-kontra

Artis Zaskia Mecca sempat mengunggah postingan protes gara-gara orang yang teriak menggunakan toa masjid jelang waktu sahur. Teriakan gak merdu yang keluar dari pengeras suara masjid ini ia anggap gak etis dan gak menghargai orang lain.

Padahal, menyoal toa masjid ini udah ada aturannya sejak 1978. Tata cara penggunaan pengeras suara masjid diatur kemenag pada Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam No. KEP/D/101/1978 tentang Tuntunan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Langgar, dan Mushola.

Pada aturannya menyebut untuk pengeras suara ke luar sepagi-paginya adalah shalat shubuh dalam durasi maksimal 15 menit sebelum waktunya. Ini pun cuma untuk adzan dan pembacaan Al Qur`an.


Penangkapan babi ngepet yang ternyata cuma rekayasa seorang ustad

Media sosial sempat diramaikan oleh penangkapan babi ngepet pada kawasan Bedahan, Sawangan, Depok. Setelah polisi melakukan penyelidikan, ternyata semuanya cuma akal-akalan seorang ustad tau tersangka AI yang ingin memiliki banyak pengikut.

Semua berawal dari warga yang mengaku kehilangan uang, tersangka AI pun meyakinkan hal ini bisa aja terjadi karena adanya babi ngepet atau hal gaib lainnya. Kemudian AI membeli seekor babi seharga Rp 900.000 dengan ongkos kirim Rp 200.000 dari komunitas hewan.

Ia juga mengarang cerita penangkapan ini bersama delapan orang lainnya. Mereka melakukan penangkapan babi secara bugil atau telanjang karena babi ngepet hanya bisa terlihat kalau orang gak mengenakan pakaian.

Gak cuma itu, hoaks babi ngepet ini juga ‘dihiasi’ dengan ibu-ibu yang membuat pengakuan soal tetangganya nganggur tapi banyak duit.

close

KRI Nanggala, Chloe Zhao, Hingga Babi Ngepet Hoaks Jadi Topik Hangat Minggu ini!

Search
close