Vaksin Covid: AS Izinkan Warganya Lepas Masker (Dengan Syarat)

AS Izinkan Warga yang Udah Dapat Vaksin COVID Dosis Kedua Lepas Masker (Dengan Syarat)
access_time 6 bulan yang lalu

Amerika Serikat umumkan warga yang udah vaksin Covid boleh lepas masker pada tempat umum

Setelah vaksin Covid terdistribusi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memberikan pedoman baru. Mereka menyebutkan warga yang udah mendapat dosis vaksin penuh bisa lepas masker. Pas lagi sendirian atau pas lagi bersama sekelompok orang dalam jumlah yang kecil.

Namun, orang-orang tersebut juga udah mendapat vaksin dosis penuh. Meski begitu, CDC gak menghilangkah kewajiban pakai masker dalam ruangan maupun tempat terbuka bagi mereka yang udah mendapat vaksin.

Hingga sekarang, lebih dari 95 juta warfa AS udah menerima sepenuhnya dosis vaksin Covid.

Presiden Joe Biden: Kemajuan yang luar biasa

Joe Biden speaks to reporters about CDC mask requirements
Via BBC

Berdasarkan pengumuman ini, presiden AS menyebut hal ini adalah sebuah kemajuan.

“Para ilmuan kami meyakini berdasarkan data, bahwa kemungkinan untuk tertular atau menularkan virus ke orang lain itu sangat, sangat rendah,” kata Biden, yang mana intinya kalau Lo udah vaksin, kemungkinan untuk tertular bakal lebih rendah.

Selain itu, Joe juga mendesak warganya yang belum mendapat vaksin untuk sesegera mungkin vaksinasi, tindakan ini ia sebut “patriotik”.

“Vaksin tidak sekadar menyelamatkan nyawa Anda, tapi juga orang-orang di sekitar Anda – juga membantu kita untuk kembali lebih dekat dengan kehidupan normal.”

Melansir dari BBC, Direktur CDC, Dr Rochelle Walensky mengatakan kalau kerumunan kecil dan sedang pada tempat terbuka aman untuk mereka yang udah vaksin tanpa menggunakan masker.

Selain itu, ia juga mengatakan penggunaan masker pada ruang terbuka yang ramai bergantung pada konteksnya juga. Gimana sirkulasi udara dalam ruangan dan seberapa banyak ruang kosong antara orang-orang tersebut.

Baru-baru ini ada penelitian yang menunjukan orang yang udah mendapat dosis vaksin secara penuh kemungkinannya kecil untuk menyebarkan virus.

Intinya, soal masker bagi orang yang udah mendapat vaksin covid dengan dosis penuh sebenarnya bertujuan untuk melindungi mereka yang belum mendapat vaksin

“Kami sangat berharap orang-orang yang belum mendapat vaksin untuk membatasi interaksi dengan orang lain, untuk kembali pada prinsip dasar meningkatkan ventilasi, menjaga jarak,” katanya.

close

Vaksin Covid: AS Izinkan Warganya Lepas Masker (Dengan Syarat)

Search
close