Kominfo Kuatkan Jaringan Internet hingga 20 Persen Jelang Nataru

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211215093001-185-734229/kominfo-tambah-kapasitas-internet-hingga-20-persen-jelang-nataru
access_time 1 bulan yang lalu

Jaringan internet jadi hal yang sangat penting, terutama di masa pandemi ini.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut bakal menambah kapasitas layanan internet di Indonesia jelang Natal dan Tahun Baru.

Sepertinya ini bakal jadi langkah yang tepat, mengingat pandemi yang sudah mengubah gaya hidup masyarakat. Aktivitas digital pun jadi kebutuhan.

Jaringan diperkuat hingga 20 persen, ajakan pemerintah rayakan Nataru di rumah

Kominfo Kuatkan Jaringan Internet hingga 20 Persen Jelang Nataru
via Giphy

Pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk berupaya memberi layanan yang lebih optimal kepada masyarakat Indonesia.

Melansir CNN, Plt Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Ismail, menjelaskan hal ini merespons imbauan pemerintah agar masyarakat rayakan Nataru di rumah.

Hitungan penambahannya itu persentase. Biasanya ketika terjadi kondiri traffic ini pada nanti kisaran 13-20 persen.” katanya secara virtual pada Selasa (14/12).

Kominfo berharap, tidak seperti hari besar sebelumnya, masyarakat bisa patuh akan hal ini untuk memutus sebaran Covid-19.

Antisipasi kebutuhan internet masyarakat

Kominfo Kuatkan Jaringan Internet hingga 20 Persen Jelang Nataru
via Tenor

Ismail menilai, bandwidth digital ini jadi kebutuhan primer dalam hari besar, agar masyarakat bisa tetap berkomunikasi.  Saat ini, Ismail menyebut telah berkoordinasi dengan para penyedia layanan internet untuk menambah kapasitas jaringan internet.

Penambahan ini, terutama mereka lakukan di area yang potensial tinggi penggunannya, seperti wilayah pemukiman penduduk.

Pada saat musim Nataru nanti, traffic penggunaan internet akan meningkat volumenya, melebihi penggunaan internet normal harian.

Tentu saja jaringan telekomunikasi harus mampu mengatasi lonjakan traffic tersebut” ujarnya.

Dalam kondisi normal, masyarakat Indonesia menggunakan kisaran 260 petabyte layanan internet. Di musim Nataru ini, mereka akan menambahkan 13 hingga 20 persen.

Baca juga:

close

Kominfo Kuatkan Jaringan Internet hingga 20 Persen Jelang Nataru

Search
close