Kominfo ‘Buka Pintu’ Untuk PlayStation 5! Jadi Kapan Rilisnya?

Kominfo 'Buka Pintu' Untuk PlayStation 5! Jadi Kapan Rilisnya?
access_time 11 bulan yang lalu

Lima perangkat yang termasuk dalam paket PlayStation 5 sudah diloloskan Kominfo

PlayStation 5 dikabarkan sudah lolos ‘screening’ Kominfo. Berdasarkan pantauan dari detikINET, hal itu diketahui dari situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Post dan Informatika (SDPPI) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin (2 November 2020).

Kominfo dikabarkan sudah meloloskan beberapa perangkat anyar yang didaftarkan oleh PT Sony Indonesia. Berdasarkan pantauan dari detikINET, hal itu diketahui dari situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Post dan Informatika (SDPPI) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin (2 November 2020).
Kominfo loloskan beberapa perangkat utama PS5 // via Detik.com

Kelima perangkat tersebut adalah ;

  • CFI-1018A (PS5 versi reguler)
  • CFI-1018B (PS5 versi digital)
  • CFI-ZCT1G (DualSense Wireless Controller)
  • CFI-ZWH1 (PS5 Pulse 3D wireless headset)
  • CFI-ZMR1 (PS Media remote)

Jadwal rilis masih belum pasti

Kendati sudah lolos uji SDPPI Kominfo, PT Sony Indonesia sendiri belum mengumumkan jadwal rilis. Berarti masih ada kemungkinan akan di rilis tanggal 12 November, atau malah 19 November berbarengan dengan peluncuruan global.

PS5 hadir dalam dua varian, versi CD dan digital. Di Amerika Serikat sendiri, PS5 dibanderol dengan harga USD 499 atau setara IDR 7,4 juta. Sementara versi digital edition dijual di harga USD 399 atau IDR 5,9 juta.

Ingin sukses dan produktif? Coba rutinintas para pengusaha sukses DI SINI

Begini spesifikasi konsol yang sudah diloloskan Kominfo

Wujud konsol ini besar dan tinggi bahkan bisa dibilang bahwa konsol berukuran terbesar di zaman modern. Tingginya hampir 40 cm dan lebarnya 10 cm, untuk motherboard terdiri dari RAM 16GB GDDR6 yang disusun dalam delapan model yang mengelilingi SoC-nya yang terdiri dari CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU AMD RDNA 2.

Kipas pendingin yang digunakan PS5 termasuk besar, dengan diameter 120mm dan tebal 45 mm. Ada juga dua saluran udara di dua sisi. Untuk membantu proses pendinginan, Sony juga menggunakan heatsink yang kinerjanya diklaim sama seperti vapor chamber.

DualSense sendiri mempunya desain yang berbeda ketimbang kontrol sebelumnya, teknologi juga. Perbedaan paling mencolok adalah dihapuskannya teknologi getar lama dan diganti dengan haptic feedback
DualSense, teknologi terbaru di kontroler PS 5 // via TechRadar

Namun yang paling menjanjikan sepertinya adalah SSD custom 825GB yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. Alhasi, loading game akan menjadi sangat cepat jika dibanding dengan pada PS4. DualSense sendiri mempunya desain yang berbeda ketimbang kontrol sebelumnya, teknologi juga. Perbedaan paling mencolok adalah dihapuskannya teknologi getar lama dan diganti dengan haptic feedback.

Selain itu ada pula ‘adaptive trigger‘ yang bisa diatur tingkat ‘kerasnya’ sesuai dengan efek gameplay uamg dimainkan. Untuk port, Sony sendiri memilih USB-C untuk DualSense.

Hidup tanpa sampah lagi trending, emang bisa? Temukan jawabannya DI SINI

Duh makin gak sabar, pas banget kan WFH terus punya konsol baru #eaa

close

Kominfo ‘Buka Pintu’ Untuk PlayStation 5! Jadi Kapan Rilisnya?

Search
close