Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu Terbakar, Apa Penyebabnya?

Kilangan Minyak Pertamina Balongan Indramayu Terbakar, Apa Penyebabnya?
access_time 4 bulan yang lalu

Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu sedari dini hari kemarin menjadi pembahasan terpopluer netizen Indonesia. Pasalnya, beredar sebuah video yang menujukan terjadinya kebakaran pada area tersebut.

Dari kejauhan terlihat api yag membumbung tinggi dan area kebakaran pun meluas dengan sangat cepat.

Seperti melansir Antara, Suci seorang warga yang tinggal 5 kilometer dari kawasan kilang minyak Pertamina VI Balongan juga dapat melihat api.

“Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan,” tuturnya.

Sejauh ini Pertamina sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa kejadian tersebut mengakibatkan 4 warga mengalami luka bakar.

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehinggam mengalami luka bakar,” tutur Ifkri Sukarya selaku Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional dalam keterangan tertulis, Senin (29 Maret).

Para korban kemudian langsung dirujuk ke RSUD Indramayu untuk mendapatkan perawatan intesive.

Penyebab kebakaran Kilangan Minyak Pertamina Balongan Indramayu masih dalam penyelidikan

Seperti dilansir Detik, Ifkri menerangkan kebakaran terjadi sekitar pukul 00.45 dan sampai saat ini penyebabnya masih dalam penyelidikan.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir,” turnya.

Terkait kejadian tersebut, ia menjelaskan bahwa akses jalan di sekitar kilang minyak akan ditutup untuk menghindari adanya korban.

Saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI,” tuturnya.

Lima jam setelah kejadian, api masih terus berkobar

Melansir Liputan6, selang lima jam setelah kejadian, api yang membakar kilang minyak PT Pertamina masih tersus berkobar. Plt. Kasie Penyelematan dan Evakuasi Pemadam Kebakaran Indramayus. Suyanto mengatakan, sampai saat ini 10 mobil masih berjibaku untuk memadamkan api.

Belum padam sepenuhnya, 70 persen sudah padam. Tinggal sedikit lagi,” kata Suyanto.

Dalam upaya tersebut, Damkar Indramayau dibantu oleh pertamina, Damkar Cirebon dan mobil pemadam milik PLTU di Sumur Adem.

Semoga bisa segera padam dan penyebabnya segera diketahui yah! Stay safe untuk semua yang yang ada di sekitar Indramayu!

close

Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu Terbakar, Apa Penyebabnya?

Search
close