Keliling China Naik Motor Selama 24 Tahun, Pria Ini Berhasil Temukan Anaknya

Keliling China Naik Motor Selama 24 Tahun, Pria Ini Behasil Temukan Anaknya
access_time 7 hari yang lalu

Keliling China naik motor selama 24 tahun, akhir membahagiakan akhir menjadi kisah Guo Gantang. Dirinya berhasil bertemu kembali dengan anaknya yang  sempat di culik.

Selama pencariannya, Guo Gangtang sudah berkeliling sejauh lebih dari 500 ribu kilometer ke seluruh China dengan menggunakan sepeda motor.

Keliling China naik motor mencari anaknya yang diculik

Pria tersebut ternyat kehilangan bayinya yang saat itu baru berusia dua tahun. Pasalnya anaknya diambil paksa oleh kriminal perdagangan manusia di depan rumahnya di Provinsi Shandong.

Guo yang merupakan seorang petani, kemudian menghabiskan seluruh uangnya untuk kembali menemukan anaknya. Dirinya bahkan sempat menjadi anggota sebuah organisasi yang terkenal dengan usaha mereka dalam mencari dan menemukan orang yang hilang atau diculik.

Kisahnya sempat diangkat menjadi sebuah film

Menariknya, kisah Guo ini sempat menjadi perhatian warga di China, bahkan kisah tersebut sempat menjadi sebuah ‘cerita’ film enam tahun lalu yang bertajuk ‘Lost and Love’ dan diperankan oleh aktor terkenal, Andy Lau.

Pertemuan Guo dengan anaknya yang dijual ke kawasan Henan di tahun 1977 untuk pertama kalinya terjadi pada hari Minggu pekan lalu.

Peristiwa bersejarah itu juga diliput luas oleh media dan disebarkan oline. Tidak sedikit pula ucapan selamat yang datang dari beberapa netizen di seluruh dunia.

Pada jumpa pers yang dilakukan Kementerian Keamanan Umum di China, dijelaskan secara rinci bagaimana keduanya berhasil dipertemukan lewat penelusuran DNA.

Wakil Direktur Biro Penyelidikan Kriminal di Kementrian Keamanan Umum di China, Tong Bishan menjelaskan sampel DNA diambil dari warga di kota Henan, setelah mereka mendapatkan ‘informasi’ untuk memperkecil wilayah pencarian.

Menurut kementrian tersebut, dari kejadia ini, pihaknya berhasil mengamankan dan menahan seorang pria dan perempuan di provinsi Shanxi.

Terpisah sejak tahun 1977

Di bulan September tahun itu, Gao Xinchen yang kala itu berusia dua tahun diculik oleh seorang perempuan saat sedang bermain di dekat rumahnya.

Setelah kejadian hari itu, lebih dari 500 orang sudah terlibat usaha pencarian, mulai dari terjun ke sejumlah terminal bus dan stasiun kereta. Namun sayang usaha itu tidak membuahkan hasil.

Kendati demikian, Guo Gangtang tidak pernah menyerah. Dirinya bahkan memperbesar foto anaknya dan mencetak ke dalam sebuah bendera dengan pesan “Dimana sekarang anakku? Ayah akan membawamu pulang ke rumah”.

Dia juga kemudian memutuskan untuk berkeliling seluruh China untuk terus mencari keberadaan anaknya. “Saya terus berfikir masih ada harapan bila saya pergi mencarinya,” tutur Guo kepada CCTV di tahun 2015 silam.

Keliling China Naik Motor Selama 24 Tahun, Pria Ini Behasil Temukan Anaknya
via IndoZone

Penculiknya tidak mungkin akan mengembalikan anak saya. Jadi kalau saya hanya di rumah saja, tidak mungkin dia kembali. Sejak akhir 1997, saya memulai pencarian anak itu,” lanjutnya.

Sedari saat itu, dia sudah melakukan perjalanan ke seluruh China, dengan mendistribusikan selebaran dari sepeda motor yang dirinya kendarai.

Ia juga belajar menggunakan internet untuk mendapatkan informasi tambahan. Selain itu dirinya diketahuit sempat menulis puluhan ribu surat untuk meminta bantuan kepada teman, sanak keluarga, relawan dan pos polisi di seluruh China.

Namun di tengah pencarian anaknya sendiri, Guo Gangtang malah berhasil menemukan sejumlah anak lain yang terpisah dari keluarganya.

Mendapat ucapan selama dari Andy Lau

Setelah mendengar kabar gembira di Guo Gangtang, Andy Lau pun langsung memberikan ucapan selamat khusus secara online dan menyuarakan upaya memerangi perdagangan anak di China.

Hari ini saya merasa sangat senang dan lega karena anak Guo yang diculik akhirnya bisa kembali bertemu dengan orang tuanya setelah 24 tahun,” tuturnya.

Sehubungan dengan kasus penculikan, sejauh ini Kementrian Keamanan di China menyebut bahwa Kepolisian sudah berhasil menemukan 2.609 anak hilang atau diculik, termasuk orang dewasa yang hilang dan diculik sewaktu kecil.

Polisi juga berhasil membongkar 147 kasus lama dan menahan 372 orang yang terlibat dalam tindak kriminal tersebut.

Gokil apa rasanya yah keliling China naik motor segitu lama?!

close

Keliling China Naik Motor Selama 24 Tahun, Pria Ini Berhasil Temukan Anaknya

Search
close