Kasus Covid-19 RI Bertambah 8.369 dalam Sehari, Apa Kabar Vaksin Corona?

access_time 8 bulan yang lalu

Secara mengejutkan, kasus Covid-19 dilaporkan bertambah 8.369 pasien per 3 Desember 2020 kemarin. Ini jadi rekor pnambahan kasus Covid-19 tertinggi dalam sehari di masa pandemi.

Catatan ini pun dilaporkan langsung oleh pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Bahkan semakin mendekati akhir tahun, kurva penyebaran virus ini pun terus meningkat.

Bertambah 8.369 Pasien Covid-19 dalam Sehari

kasus covid-19
via The Bangkok Post

Dengan bertambahnya 8.369 pasien virus corona dalam sehari ini semakin membuat angka kasus di Indonesia meningkat secara signifikan. Sekarang sudah ada 557.877 orang yang terdampak virus ini.

Melihat angka dan kurva yang belum menunjukkan penurunan, artinya kasus Covid-19 di Indonesia belum bisa dikendalikan setelah pandemi berjalan sampai sembilan bulan ini.

kasus covid-19
via Tempo

Menurut juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan kalau peningkatan ini terjadi karena sistem yang belum optimal.

Angka yang sangat tinggi ini salah satunya disebabkan karena sistem yang belum optimal untuk mengakomodasi pencatatan pelaporan dan validasi data dari provinsi secara real-time,” kata Wiku.

Apa Kabar Vaksin Corona?

Kabar terakhir, Presiden Joko Widodo mengharapkan datangnya vaksin di bulan November atau Desember 2020. Bahkan ia siap jadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

Meski begitu, ia mengatakan kalau vaksin akan tetap diutamakan kepada rakyat dahulu. Tapi, sampai sekarang kok belum datang-datang ya vaksinnya?

Sementara itu, vaksin Sinovac juga sudah menunjukkan titik terangnya. Setelah melalui beberapa tahap uji klinis, kabarnya vaksin ini siap diedarkan secara massal di awal tahun 2021.

Apa Lagi yang Harus Kita Lakukan?

kasus covid-19
via iStock

Sudah sepuluh bulan Indonesia dilanda pandemi, tak henti-hentinya kita harus saling mengingatkan untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Meski beberapa sektor seperti pariwisata sudah dibuka, namun protokol 3M tetap harus dipatuhi.

Adapun yang bisa kita lakukan selagi menunggu kehadiran vaksin yaitu mencuci tangan (pakai sabun/hand sanitizer), memakai masker, dan menjaga jarak dari kerumunan.

_

Stay safe and healthy guys!

close

Kasus Covid-19 RI Bertambah 8.369 dalam Sehari, Apa Kabar Vaksin Corona?

Search
close