Karyawan Google Kerja 3 Hari di Kantor, 2 Harinya Bebas! Duh Enaknya

Karyawan Google Kerja 3 Hari di Kantor, 2 Harinya Bebas! Duh Enaknya
access_time 5 bulan yang lalu

Karyawan Google kerja 3 hari di kantor, 2 harinya bebas! Skema tersebut merupakan salah satu penanda beralihnya Google ke sistem minggu kerja campuran.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai. Menurutnya sebagian besar karyawan nantinya hanya perlu bekerja selama tiga hari di kantor selama pandemi Covid-19.

Karyawan Google kerja 3 hari di kantor, fasilitasnya menggiurkan

Dalam email pengumuman soal jadwal kerja itu, Pichai juga membeberkan bahwa tempat kerja masa depan Google akan memiliki rauang multi fungsi.

Bahkan selama setahun terakhir, tim internal aktif melakukan penataan ulang tempat kerja hybrid agar dapat membantu kolaborasi secara efektif pada lingkungan kerja.

Melansir CNNIndonesia, Google disebut sudah menguji kantor multiguna dan ruang pribadi baru, serta bekerja dengan tim untuk mengembangkan teknologi canggih. Tujuannya adalah menciptakan kesetaraan yang lebih besar antara karyawan di kantor dan mereka yang bergabung secara virtual.

Karyawan Google Kerja 3 Hari di Kantor, 2 Harinya Bebas! Duh Enaknya
via Gyfcat

Kami akan beralih ke minggu kerja campuran, di mana sebagian besar karyawan Google menghabiskan waktu sekitar 3 hari di kantor, dan dua hari di mana pun,” tuturnya.

Selain kerja dari rumah, karyawan juga bisa mengajukan permohonan pindah kantor

Lebih lanjutnya, Pichai menyebutkan perusahaan juga membuka kesempatan kepada karyawan untuk mengajukan permohonan pindah ke kantor lain.

Meski demikian, perusahaan nantinya akan mempertimbangkan apakah tujuan bisnis dapat dipenuhi pada lokasi baru, dan apakah tim memiliki infrastruktur yang tepat dalam mendukung pekerjaan.

Secara keseluruhan, perubahan ini akan menghasilkan tenaga kerja di mana sekitar 60 persen karyawan Goggle berkumpul di kantor beberapa hari dalam seminggu. 20 persen lain bekerja di lokasi kantor baru, dan 20 persen bekerja dari rumah,” imbuhnya.

Suncar Pichai // via Jawa Pos

Karyawan Google juga dapat bekerja sementara dari lokasi selain kantor utama selama 4 minggu dalam setahun. Syarannya adalah dengan persetujuan manajer.

Adapun kebijaksanaan ini diharap dapat memberikan orang fleksibilitas lebih selama perjalanan musim panas atau liburan. “Masa depan pekerjaan adalah flesikibiltas. Perubahan ini adalah titik awal untuk membantu kami melakukan pekerjaan terbaik kami dan bersenag-senang saat menjalankannya,” tutup Pichai.

Melansir Bloomberg, karyawan Google yang bekerja langsung dari kantor pada kuartal pertama 2021 hanyalah beriksar 140.000 orang. Kondisi tersebut bahkan disebutkan dapat membantu menghemat anggaran sebesar IDR 3,8 triliun.

Duh enak banget yah! Buat gua yang bisa kerja WFH sih pengen banget bisa kerja cuman 3 hari ke kantor dalam seminggu, terus 2 harinya bebas.

close

Karyawan Google Kerja 3 Hari di Kantor, 2 Harinya Bebas! Duh Enaknya

Search
close