Facebook dan Google Akan Bikin Koneksi Internet di Indonesia Lebih Cepat!

access_time 8 bulan yang lalu

Baru-baru ini, kabarnya Facebook dan Google bekerja sama dalam sebuah proyek untuk mempercepat koneksi internet di Indonesia. Nantinya proyek ini akan membangun dua kabel yang melintas di bawah laut, Echo dan Bifrost.

Mungkin, keduanya mengetahui kalau koneksi internet di Indonesia tidak sebagus dan secepat itu. Lantas bagaimana cara mereka mengerjakannya?

Facebook dan Google Akan Percepat Koneksi Internet di Indonesia

Facebook dan Google
dok.Facebook

Dalam proyek ini, Facebook akan bekerja sama dengan XL Axiata untuk membangun kabel Echo. Sementara Google akan bekerja sama dengan Keppel, anak perusahaan Telkomsel untuk membangun kabel Bifrost.

Vice President of Network Investments Facebook, Kevin Salvadori menyebutkan bahwa proyek ini berencana untuk meningkatkan kecepatan internet di provinsi bagian tengah dan timur Indonesia.

Baca juga:

Facebook dan Google
ANTARA FOTO

Kedua kabel bawa laut ini akan meningkatkan seluruh kapasitas bawah laut di kawasan trans-pasifik hingga 70 persen,” kata Salvadori dikutip dari Reuters.

Kabarnya, kabel bawah laut ini akan menjadi jalur koneksi alternatif antara Asia Tenggara dan Amerika Utara. Sehingga sebagian besar kabel ini akan melintas di bawah Laut Jawa.

Langkah Investasi Facebook kepada Indonesia

Facebook dan Google
Open Business Council

Usut punya usut, rupanya ada tujuan lain dari pembangunan kabel bawah laut ini. Proyek ini akan menjadi kelanjutan dari kebijakan Facebook yang ingin membangun konektivitas dengan Indonesia.

Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan salah satu dari lima pasar terbesar Facebook. Meski begitu, Salvadori tidak ingin menyebutkan nilai investasi dari pembangunan kabel bawah laut ini.

Proyek ini pun tidak berhenti sampai sini saja. Nantinya Facebook dan Google akan membentangkan jaringan koneksi mereka untuk kawasan Asia lainnya dan global, sekaligus melanjutkan proyek Pacific Light Cable Network (PLCN).

_

Semoga teman-teman kita di wilayah timur Indonesia bisa semakin terbantu dengan proyek ini, supaya juga bisa ikut merasakan manfaat internet di wilayahnya.

close

Facebook dan Google Akan Bikin Koneksi Internet di Indonesia Lebih Cepat!

Search
close