Justin Bieber, Dan + Shay Mendapat Gugatan Hak Cipta Lagu “10,000 Hours”

Justin Bieber, Dan + Shay Mendapat Gugatan Hak Cipta Lagu “10,000 Hours”
access_time 4 minggu yang lalu

Justin Bieber dan Dan + Shay dituduh mencuri lagu berusia puluhan tahun

Justin Bieber dan Dan + Shay mendapat gugatan hak cipta yang mengatakan bahwa mereka membuat sebagian besar lagu “10,000 hours” mengikuti dari lagu yang sudah berusia puluhan tahun.

Penggugatan dilakukan oleh Melomega yang menuduh bintang-bintang besar tersebut mencuri core portion dari lagu hit yang mereka keluarkan pada tahun 1980, berjudul “The First Time Baby Is A Holiday”. Pengaduan ini diajukan di pengadilan federal Los Angeles, 21 April.

Tre Lovell, selaku pengacara dari Melomega menyatakan bahwa pencurian yang dilakukan sangat besar. “Orang-orang hanya perlu mendengarkan lagu ‘The First Time Baby Is A Holiday’ lalu mendengarkan lagu ‘10,000 hours’ maka mereka akan melihat kesamaan yang jelas di antara kedua lagu tersebut”, ujarnya. 

“10,000 hours” memiliki kesamaan yang mencolok

Gugatan ini diperkuat dengan bantuan seorang ahli musik bernama Dr. Alexander Stewart, yang menganalisis kedua lagu tersebut dan mendapat kesimpulan yang membuat gugatan pencurian tidak bisa dielakkan.

“10,000 hours” digugat menyalin secara rinci bagian terpenting dari lagu penggugat, yaitu bagian chorus, verse, dan hook dengan kesamaan yang mencolok. Lalu dikatakan bahwa beberapa bagian 47 nada dari “10,000 hours” hampir identik dengan lagu penggugat.

Lagu dari Justin Bieber dan Dan + Shay ini dirilis pada Oktober 2019, debut di N0.4 Billboard Hot 100 dan menduduki posisi puncak tangga lagu Country Airplay selama dua minggu. Kemudian lagu tersebut memenangkan Grammy Awards 2021 sebagai Best Country Duo/Group Performance.

Sementara lagu “The First Time Baby Is A Holiday” ditulis oleh Palmer Rakes dan Frank Fioravanti, yang akhir-akhir ini terbentuk sebagai Melomega. Komposisi lagu ini tercatat di Kantor Gak Cipta Amerika Serikat pada tahun 1980.

Justin Bieber, Dan + Shay Mendapat Gugatan Hak Cipta Lagu “10,000 Hours”
Via Billboard

Apakah gugatan ini bisa berhasil?

Sampai saat ini, perwakilan untuk Bieber dan Dan + Shay belum memberikan komentar apapun.

Penggugatan ini dilakukan secara mendetail, namun gugatan itu tidak memberikan perhatian tentang penjelasan kenapa Melomega percaya bahwa Bieber dan Dan + Shay sudah pernah mendengar lagu “First Time”. Bukti langsung mengenai hal tersebut adalah persyaratan hukum utama untuk setiap tuntutan hukum hak cipta.

Kasus ini adalah salah satu dari beberapa tuntutan hukum pencurian lagu yang terjadi selama awal tahun 2022. Diantaranya adalah Dua Lipa dengan lagu “Levitating” dan Sam Smith dengan lagu “Dancing With A Stranger”.

What are your thoughts? Let us know!

Top image via MLDSPOT

close

Justin Bieber, Dan + Shay Mendapat Gugatan Hak Cipta Lagu “10,000 Hours”

Search
close