Joe Biden Cabut Kebijakan Trump, Wajibkan Pakai Masker!

access_time 1 bulan yang lalu

Pada hari Rabu (20/1), Joe Biden telah resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Ia dilantik di halaman Gedung Capitol dan mengambil sumpah jabatan di hadapan Hakim Agung AS, John Robert.

Tak lama setelah dilantik, Biden pun langsung mencabut sejumlah kebijakan yang dibuat Presiden AS sebelumnya, Donald Trump. Kebijakan apa yang kini diterapkannya?

Biden Wajibkan Pakai Masker!

Joe Biden
via AP Photos

Dikutip dari Associated Press, ada tiga kebijakan utama yang kembali diterapkan Biden di masa kepemimpinannya. Kebijakan itu antara lain mewajibkan penggunaan masker, kembali menaati Perjanjian Iklim Paris, dan batalkan sejumlah kebijakan Trump bagi pendatang.

Kalau lihat dari jaman debat Presiden, Biden memang terlihat lebih aware dengan selalu menggunakan masker dimana pun ia berada. Maka dari itu di musim pandemi seperti ini, Biden mewajibkan para pegawai sipil dan honorer di gedung pemerintah pusat memakai masker dan menjaga jarak.

Joe Biden
via Reuters

Tidak hanya para pekerja di pemerintah pusat, Joe Biden juga mengimbau semua warga AS untuk selalu menggunakan masker selama 100 hari masa pemerintahannya. Ia pun juga berjanji untuk mempercepat program vaksinasi yang targetnya 100 juta penduduk dalam 100 hari kerja.

Selain itu Biden juga memerintahkan kabinetnya supaya AS kembali bergabung dengan WHO. Karena sebelumnya sempat keluar dari WHO karena Trump curiga dengan Organisasi Kesehatan Dunia tersebut.

Kembali Menaati Perjanjian Iklim Paris

Joe Biden
via US News

Selain dalam hal kesehatan di tengah pandemi, perhatian khusus Biden juga mengarah kepada iklim. Hal ini ditunjukkannya dengan kembali menaati Perjanjian Iklim Paris untuk bisa menekan tingkat emisi karbon supaya menahan laju perubahan iklim.

Selama masa kepemimpinannya, Biden juga berusaha untuk mengembangkan energi ramah lingkungan. Sebab sebelumnya Trump memutuskan untuk keluar dari perjanjian ini karena ingin menjaga stabilitas ekonomi di sektor minyak bumi, gas alam, dan batubara.

Cabut Kebijakan Lainnya

Joe Biden
via VOA Indonesia

Joe Biden juga mencabut larangan masuk yang diterapkan Trump terhadap penduduk dari tujuh negara mayoritas Muslim pada Januari 2017 silam.

Selain itu ia juga akan menghentikan pembiayaan proyek tembok penghalang antara AS dengan Meksiko.

_

Selamat bertugas, Biden!

close

Joe Biden Cabut Kebijakan Trump, Wajibkan Pakai Masker!

Search
close