Jepang Sambut Kelahiran Bayi Panda Kembar

access_time 4 bulan yang lalu

Bayi panda kembar lahir di Kebun Binatang Ueno, Tokyo, Jepang

Bayi panda kembar dari ibu bernama Shin Shin ini lahir pada pagi hari di Kebun Binatang Ueno. Namun belum diketahui secara jelas apa jenis kelamin bayi-bayi panda ini. Bayi-bayi ini juga belum memiliki nama.

Salah satu anaknya lahir sehat dengan berat 124 g (4,37 ons), namun yang satunya belum diketahui berapa beratnya. Kira-kira anaknya sepanjang tangan manusia dewasa.

“Para petugas saat ini melakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengawasi ibu dan bayi-bayinya,”¬†pernyataan Kebun Binatang Ueno, melansir dari AFP.

Kehamilan Shin Shin dari awal sudah menarik perhatian banyak pengunjung hingga membuat sahan restoran pada sekitar Kebun Binatang Ueno melesat. Para investor juga sudah memperkirakan kehadiran banyak pengunjung ke kebun binatang ini untuk melihat calon bayi-bayi Shin shin.

Bahkan, saham pada salah satu restoran China dekat Kebun Binatang Ueno menurut laporan meroket hingga 30 persen.

Tokyo's panda Shin Shin gives birth at Ueno zoo - BBC News

Baca juga: Gajah Hutan Masuk Dapur Warga untuk Cari Makan; Mirip Layanan Drive-Through Restoran Cepat Saji

Mempertemukan Shin Shin dengan pasangannya

Untuk menyambut bayi kembar Shin Shin, Kebun Binatang Ueno udah mempersiapkan pertemuan Shin Shin dengan pasangannya Ri Ri pada awal Maret lalu.

Sebelum melahirkan bayi kembar panda, Shin Shin dan Ri Ri juga memiliki seekor anak panda perempuan, Xiang Xiang yang lahir pada Juni 2017 lalu. Kelahiran Xiang Xiang pun menaikkan antusias para pengunjung Kebun Binatang Ueno.

Meski begitu, Xiang Xiang harus kembali ke China dua tahun setelah kelahirannya. Tapi Jepang berhasil menegosiasi dengan pemerintah China dan mengizinkan Xiang Xiang tinggal di Jepang hingga akhir tahun ini.

China memang memegang kendali akan seluruh populasi panda yang ada di dunia. Mereka hanya memijamkan panda-panda itu ke berbagai negara.

Hingga saat ini, WWF memperkirakan saat ini cuma tersisa 1.800 panda pada seluruh dunia yang kebanyakan berhabitat bambu di China. Sekitar 600 lainnya hidup tersebar ke berbagai kebun binatang  belahan dunia lainnya.

Ueno Zoo's panda cub Xiang Xiang makes her media debut | The Japan Times

Congratulations for your newborn, Shin Shin! kira-kira siapa nama anaknya ya?

close

Jepang Sambut Kelahiran Bayi Panda Kembar

Search
close