Wabah Tikus Serang Penduduk Australia, Seberapa Bahaya?

access_time 1 bulan yang lalu

Negeri Kangguru, Australia kini tengah dilanda wabah tikus besar-besaran. Hewan kecil tersebut menerobos masuk pemukiman penduduk dan menggerogoti sejumlah infrastruktur penting dari bangunan.

Bahkan, ratusan narapidana di penjara pun terpaksa dievakuasi karena akan berdampak pada keselamatan mereka jika masih berada di dalam gedung. Sebenarnya seberapa berbahaya wabah ini?

Wabah Tikus Serbu Penjara di Pedesaan Australia

Wabah Tikus
AFP/Bernadette Llois

Mengutip AFP, sebenarnya wabah tikus ini menyerang kawasan pertanian dan merusak hasil panen petani di sana. Namun saking banyaknya, tikus ini sampai menyerang masuk ke kawasan penjara di New South Wales (NSW)

Kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan staf serta narapidana adalah prioritas nomor satu kami, jadi penting bagi kami untuk bertindak sekarang melakukan pekerjaan remediasi yang vital,” kata Corrective Services NSW, Peter Severin dikutip dari AFP.

Read more:

Wabah Tikus
Gyfcat

Wabah tikus tersebut menggerogoti panel langit-langit dan kabel di penjara New South Wales tersebut yang membuatnya harus diperbaiki. Maka dari itu sebanyak 420 narapidana dan 200 staf dari Pusat Permasyarakatan Wellington dipindahkan ke fasilitas lain pada akhir bulan ini.

Kami ingin melakukan perombakan ini sekali, dan kami ingin itu dilakukan dengan benar, yang berarti kami akan mencari cara untuk mengurangi dampak wabah serupa di masa depan,” kata Kevin Corcoran selaku Asisten Komisaris Lembaga Permasyarakatan.

Rangkaian Panjang Bencana yang Menyerang Petani

Wabah Tikus
Reuters

Wabah tikus ini telah menyerang penduduk Australia timur selama berbulan-bulan. Hewan tersebut telah merusak hasil panen petani dan mengganggu aktivitas warga setempat.

Beberapa tahun belakangan memang menjadi tahun yang berat bagi petani Australia. Terhitung sejak akhir 2019 sampai awal 2020, petani di sana menderita kekeringan selama bertahun-tahun dan diikuti oleh kebakaran hutan.

Selain itu di sana juga terjadi hujan yang berujung banjir di sejumlah daerah. Jadi hadirnya wabah ini menjadi serangkaian bencara terbaru yang menyerang petani Australia.

Sampai sekarang belum diketahui apa penyebab datangnya serangan tikus di wilayah Australia timur ini.

_

Apakah ini saatnya kita sebar lem tikus?

close

Wabah Tikus Serang Penduduk Australia, Seberapa Bahaya?

Search
close