Jelang Lebaran, Ini Tips Ikhlas Memaafkan yang Baik

access_time 5 bulan yang lalu

Sebentar lagi, umat muslim akan mengakhiri masa puasa dan merayakan Lebaran sebagai hari kemenangan. Biasanya momen ini digunakan sebagai waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan.

Namun, jika ada teman atau keluarga yang minta maaf, apakah kalian sudah ikhlas memaafkannya? Buat pemanasan besok, USS Feed akan kasih tips cara ikhlas untuk memaafkan.

Tips Ikhlas Memaafkan Jelang Lebaran

Lebaran
Unsplash

Menyimpan dendam tiada artinya karena akan menyakiti diri sendiri. Ikhlas merupakan jawaban tepat untuk bisa meneruskan hidup lebih bahagia.

Supaya kalian bisa lebih ikhlas memaafkan di hari Lebaran nanti, simak tips berikut ini.

Buang Rasa Benci

Menghilangkan rasa benci adalah langkah awal untuk memaafkan. Dengan begitu, kondisi hati tentunya akan jadi terasa lebih lega dan lepas untuk kembali menjalin hubungan dengan orang tersebut.

Jangan lagi kalian mengingat-ingat kesalahan yang telah diperbuatnya. Hidup kalian akan terasa lebih indah dan harmonis jika bisa terus berdampingan dengan orang-orang di sekitar kita.

Kendalikan Diri Sendiri

Kalian tidak dapat mengatur hidup orang lain. Itu adalah salah satu alasan mengapa hati sulit memaafkan karena selalu berharap tindakan orang lain sesuai harapan kalian.

Maka dari itu, kalian harus dapat mengendalikan diri sendiri dan menurunkan ekspektasi atas hidup orang lain di mata kita. Apapun sifatnya, terima dengan tulus hati dan jika ia melakukan kesalahan, berikan solusi terbaik yang seharusnya diperbaiki.

Empati Terhadap Orang Lain

Banyak orang yang tidak sengaja menyakiti hati orang lain. Biasanya mereka yang melakukan itu dengan sengaja justru melakukannya dengan sadar dan telah menyimpan dendam di diri mereka.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menyadari sisi manusiawi mereka. Alih-alih fokus pada perbuatan mereka yang menurut kalian negatif, coba cari tahu alasan mengapa mereka melakukan hal itu.

Manusia tak luput dari kesalahan. Seringkali kita tak sadar melakukannya dan membuat mereka kecewa dan sakit hati.

Source: Asmaraku.id

_

Itu dia tips ikhlas memaafkan menjelang Lebaran yang bisa kalian terapkan besok. Selamat Idul Fitri!

close

Jelang Lebaran, Ini Tips Ikhlas Memaafkan yang Baik

Search
close