Jejak Kaki Dinosaurus Pemakan Daging Ditemukan, Lebih dari 150 Juta Tahun!

Jejak kaki dinosaurus oleh Marie Woods
access_time 5 bulan yang lalu

Arkeolog Marie Woods menemukan jejak kaki dinosaurus ‘raksasa jurassic‘ di pantai Yorkshire, Inggris. Temuan itu kabarnya adalah jejak makhluk zaman purba terbesar yang pernah muncul di daerah itu.

Mengutip BBC, para ahli percaya bahwa jejak itu empunya adalah dinosaurus pemakan daging raksasa yang panjang badannya mencapai 9 meter.

Niat mencari kerang, malah dapat jejak kaki dinosaurus

Penemuan jejak kaki dinosaurus terbesar di Yorkshire
Credit: Twitter/MarieEWoods

Awalnya, Woods berniat mencari kerang untuk makan malam dari pantai itu. Alih-alih ‘panen’ kerang, ia malah teralihkan oleh benda tidak biasa itu, menurut cuitannya di Twitter.

Jejak dino yang bagus hari ini … Tadinya aku mau ngumpulin kerang buat makan malam, tapi benar-benar teralihkan sama binatang ini!!!” tulisnya sambil membagikan foto bersama jejak makhluk besar itu.

Aku ga dapat banyak kerang setelah menemukan itu,” katanya, mengutip BBC.

Setelah penemuan cetakan tiga jari besar di lokasi itu, Woods menghubungi para spesialis, termasuk ahli paleontologi Dr. Dean Lomax, penulis buku ‘Dinosaurs of the British Isles’.

Jejak terbesar di Yorkshire, ini adalah ‘penemuan kembali’.

Jejak kaki dinosaurus ditemukan oleh Marie Woods di YorkshireCredit: Twitter/MarieEWoods

Lomax menyebutnya sebagai ‘raksasa jurassic sungguhan’, setelah menjelaskan bahwa ini adalah “jejak kaki theropod terbesar yang pernah muncul di Yorkshire“.

Pemilik jejak ini, mungkin saja Megalosaurus, dinosaurus pemakan daging yang hidup antara 164 sampai 175 juta tahun yang lalu. Tapi, sepertinya penemuan oleh Woods ini bukanlah pertama kalinya. Ia menyebut ini sebagai ‘penemuan kembali’.

Tadinya, kolektor fosil Rob Taylor pernah menemukan jejak ini pada tahun 2020. Namun, saat itu belum terbuka sepenuhnya dan orang-orang tidak begitu memperhatikan. Apalagi, ia cuma membagikannya ke grup Facebook yang berdedikasi untuk fosil di Yorkshire.

Kini saat jejak kaki dinosaurus itu sudah terbuka dan jelas, orang-orang langsung heboh. Rencananya, jejak ini akan mereka pulihkan (karena wujudnya yang sudah rapuh). Kemudian, mereka akan menaruhnya di Museum Rotunda di Scarborough.

Kira-kira, kayak apa ya wujud pemilik jejak itu?

Baca juga:

 

close

Jejak Kaki Dinosaurus Pemakan Daging Ditemukan, Lebih dari 150 Juta Tahun!

Search
close