ITB Ingatkan Potensi Tsunami Selatan Pulau Jawa, Nyaris Kena Istana

access_time 1 bulan yang lalu

Ahli Geodesi ITB ingatkan potensi tsunami pada selatan pulau jawa

Ahli Geodesi dari Intitut Teknologi Bandung (ITB) mengingatkan potensi tsunami pada selatan pulau Jawa yang bisa terjadi kapan saja. Mereka pun meminta masyarakat buat meningkatkan kewaspadaan dengan membangun tanggul pantai atau laut di Jakarta.

Menurut Kepala Laboraturium Geodesi ITB, Heri Andreas, tanggul pantai atau laut Jakarta bakal berperan penting. Gak hanya untuk mencegah banjir, tapi juga memproteksi Jakarta dari tsunami.

Ia pun mencontohkan pengerjaan tanggul Jakarta mulai dari Kamal Muara hingga Marunda yang sampai saat ini belum selesai. Dari target sekitar 33 kilometer baru rampung kurang lebih 10 kilometer.

Juga tentang megathrust

Heri juga menambahkan kalau fakta menyoal megathrust selatan Jawa harus disikapi dengan bijak dan waspada meski kesannya menakut-nakuti. Sehingga ia meminta semua pihak buat mendukung pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan tanggul pada pesisir Jakarta.

“Takutnya tsunaminya keburu datang karena saat ini tengah di ujung perulangan,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan kalau gempa bumi sifatnya berulang. Artinya, gempa yang udah terjadi pada masa sekarang bisa terjadi lagi nanti.

“Salah satu sumber gempa bumi adalah megathrust selatan Jawa. Megathrust ini dapat menghasilkan gempa dengan kekuatan sangat besar dan saat ini tengah berada di ujung siklus atau perulangan. Dengan kata lain berpeluang terjadi dalam waktu yang tidak lama lagi,” ujar Heri.

Pemodelan tsunami sampai Kota Tua Jakarta

Kalau gempa terjadi, kekuatannya bisa mencapa 8.7Mw hingga 9.0 Mw yang bisa jadi disusul tsunami dengan ketinggian 20 meter.

“Gelombang tsunami berdasarkan hasil pemodelan ternyata bisa sampai di pesisir Jakarta dengan ketinggian 1 meter hingga 1,5 meter. Dibandingkan dengan 20 meter tentunya 1 meter adalah kecil,” ujar Heri.

Berdasarkan hasil pemodelan, run up tsunami bisa mencapai sebagian besar Pluit, Ancol, Gunung Sahari, Kota tua hingga Gajah Mada. Bahkan nyaris menyentuh Istana Presiden.

“Untuk itu kita harus mendukung pemerintah dalam mempercepat upaya pembangunan tanggul sepanjang pesisir Jakarta,” tutupnya.

close

ITB Ingatkan Potensi Tsunami Selatan Pulau Jawa, Nyaris Kena Istana

Search
close