Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, BMKG Himbau Pemda Siapkan “Skenario Terburuk”

Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, BMKG Himbau Pemda Siapkan "Skenario Terburuk"
access_time 2 minggu yang lalu

Potensi Tsunami 28 meter di Pacitan, Dwikorita Karnawati selaku Kepala Bada Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur untuk mempersiapkan skenario terburuk.

Potensi Tsunami 28 meter di Pacitan, Pemda diminta bersiap

Sebagaimana dilansir Kompas.com, ‘skenario terburuk’ harus disiapkan untuk dapat menghindari dan mengurangi risiko bencana gempa dan tsunami yang berpotensi terjadi di pesisir pantai Selatan.

Berdasarkan hasil penelitian, wilayah Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit. Adapun tinggi genangan di darat berkisar antara 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4,6 km dari bibir pantai,” tutur Dwikorita.

Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, BMKG Himbau Pemda Siapkan Skenario 'Terburuk'
via DetikNews

Dwikorita mengaku, sebelumnya bersama dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji telah melakukan verifikasi zona bahaya dan menyusuri jalur evakuasi bencana.

Selain itu pemerintah daerah juga diwajibkan untuk lebih cermat dan tepat dalam memperhitungkan jumlah dan lokasi jalur evakuasi yang dibutuhkan.

Tidak lupa ia juga mengingatkan pemda untuk mempersiapkan sarana dan prasarana evakuasi bagi kelompok lanjut usia dan difabel. Kemudian pemda juga diminta terus mengedukasi masyarakat dan memperisapak tempat evakuasi sementara (TES) ataupun tempat evakuasi akhir (TEA). 

 

1 2chevron_right
close

Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan, BMKG Himbau Pemda Siapkan “Skenario Terburuk”

Search
close