Internet Explorer Akhirnya Bakal Pensiun Tahun 2022

Internet Explorer akhirnya pensiun
access_time 5 bulan yang lalu

Akhirnya, Microsoft bakal bikin browser legendarisnya Internet Explorer pensiun pada 2022 mendatang. Browser itu sudah beroperasi selama lebih dari 25 tahun, namun beberapa tahun belakangan para pengguna mulai berpaling darinya. Layanan itu semakin sepi.

Pensiunnya IE pada 15 Juni 2022 mendatang ini sepertinya jadi hal yang tepat, mengingat jumlah penggunanya yang kini sangat jarang. Untuk menggantikannya, Microsoft mengusungkan wajah baru sebagai browser-nya, yaitu Microsoft Edge. Ya, kalau kita bandingkan dengan browser ‘sepuh’ itu, Microsoft Edge memang punya tampilan yang lebih segar.

Selamat tinggal, Internet Explorer!

A close up of an internet explorer page,
AFR Picture by LOUIE DO

Kami mengumumkan bahwa Internet Explorer masa depan di Windows 10 adalah Microsoft Edge,” kata Sean Lyndersay, program manager Microsoft Edge. Katanya, aplikasi desktop IE 11 akan pensiun dan bakal ‘go out of support‘ mulai 15 Juni tahun depan.

Melansir The VergeLong-Term Servicing Channel (LTSC) Windows 10 masih akan menyertakan browser lawas itu tahun depan. Tapi, semua versi konsumen bakal hilang.

Walaupun Microsoft belum menjelaskannya lagi lebih lanjut, kemungkinan besar ini bakal jadi akhir bagi browser IE itu untuk hadir dalam paketan Windows mulai tahun mendatang.

Yang lama tergantikan yang baru

Microsoft Edge
Microsoft Edge

Untuk beberapa bisnis, beberapa tahun lalu Microsoft membuat ‘IE Mode‘, walaupun tetap dalam naungan Microsoft Edge. Mode tersebut memperbolehkan bisnis menggunakan browser berbasis Chromium untuk mengakses situs yang hanya bisa diakses lewat IE.

Setidaknya sampai tahun 2029 mode ini bakal tetap ada, kata Microsoft. Karena ternyata, masih banyak bisnis yang memakai ActiveX.

Sebenarnya ‘rencana pensiun’ ini sudah ada sejak lama. Perusahaan milik Bill Gates itu pun sudah gak men-support IE 11 untuk Microsoft Teams web app tahun lalu. Begitu pula dengan 365 yang bakal menghentikan IE akhir tahun ini.

Selain itu, munculnya Microsoft Edge 2015 lalu juga ‘menyikut’ keberadaan Internet Explorer. Perusahaan itu juga terus mendorong penggunanya untuk berhenti menggunakan browser lawas itu dan beralih ke Edge dengan mode IE-nya.

Siapa di sini yang masih pake Explorer?

Baca juga:

close

Internet Explorer Akhirnya Bakal Pensiun Tahun 2022

Search
close