Ingin Hemat, Hindari Pemborosan Pada 3 Aspek Ini!

Ingin Hemat, Hindari Pemborosan Pada 3 Aspek Ini!
access_time 5 bulan yang lalu

Ingin hemat pastinya menjadi cita-cita atau wacana sebagian besar orang. Namun nyatanya, hasrat belanja kerap kali lebih besar. Pasalnya belanja menjadi suatu kegiatan yang menimbulkan rasa senang dan bahagia.

Sebenarnya, kegiatan itu tidak salah asal ada aturan yang membuat lo tidak ‘boros’ dan mengeluarkan uang untuk berbelanjan barang yang kurang bermanfaat.

Nah apa saja sih yang termasuk dalam kategori itu dan berujung pada pemborosan?

Ingin hemat, kurangi keborosan pada tiga aspek ini

Pada dasarnya ada 3 hal yang harus dikurangi pengeluarannya jika Lo ingin berhemat, mulai dari pembelian barang lucu, barang trendy, sampai dengan barang koleksi.

Yuk, bahas masing-masingnya lebih detail ;

Barang lucu

Pada dasarnya godaan ini lebih banyak terjadi bagi para wanita. Pasalnya kaum hawa lebih mudah tergoda dengan barang-barang lucu, terutama saat masuk ke sebuah toko dan melihat barang lucu, kemungkinan besar mereka akan tertarik membeli.

via Meme Generator

Namun pada kenyataannya, barang lucu kerap kali hanya menjadi sebuah pajangan yang kurang bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Bahkan cenderung membuat berantankan.

Jadi kalau ingin berhemat, usahakannlah untuk tidak membeli barang hanya karena merasa barang itu lucu. Melainkan pikirkan manfaat dan fungsinya terlebih dahulu.

*Function over cuteness 

Barang trendy atau fashion

Di tengah invasi tren baik fashion maupun lifestyle, setiap orang pastinya akan sangat tergoda untuk bisa ‘up to date’. Tapi tahukah lo kalau sesuatu yang berbau ‘tren’ umumnya tidak bertahan lama?

Ingin Hemat, Hindari Pemborosan Pada 3 Aspek Ini!
via Giphy

Bahkan setiap waktu akan selalu muncul tren, sebut saja kehadiran model pakaian, sneakers, elektronik ataupun aksesoris. Oleh karenanya, jangan sampai Lo menghabiskan uang hanya karena mengikuti sesuatu yang lagi trend, terutama kalau Lo ingin mencoba menghemat uang.

*buy what you need, not what you wants!

Barang koleksi

Memiliki hobi memang ada baiknya, dan pastinya sah-sah saja untuk dilakuan. Namu satu hal yang perlu diingat kalau membeli barang koleksi umumnya akan merogoh kocek yang lebih dalam.

via Collector-ActionFigures.com

Terutama jika koleksi Lo hanya berujung menjadi pajangan. Sebaiknya, mulailah mengontrol diri dalam membeli barang koleksi. Fokuskan koleksi Lo pada sesuatu yang bersifat investasi, atau barang yang sekaligus bisa ditabung,

Nah, satu yang tidak boleh ketinggalan adalah kurangi pengeluaran untuk makan di luar, niscaya lo akan merasakan jauh lebih hemat!

close

Ingin Hemat, Hindari Pemborosan Pada 3 Aspek Ini!

Search
close