Indonesia Juara Dua Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Asia Tenggara!

access_time 1 bulan yang lalu

Sampai saat ini, negara-negara di seluruh dunia sedang gencar-gencarnya melaksanakan program vaksin Covid-19. Termasuk Indonesia, yang kini sudah mencapai tahap penyuntikan vaksin kepada lansia.

Mengejutkannya, berdasarkan data dari Our World in Data, Indonesia berhasil menempati posisi kedua untuk vaksinasi Covid-19 di Asia Tenggara.

Indonesia Runner-Up Vaksinasi Covid-19 di Asia Tenggara

Indonesia Vaksin Covid-19
Our World in Data

Jika kita melihat kondisi di Asia Tenggara, bisa dibilang Indonesia lebih cepat melaksanakan program vaksin dibanding negara lain. Terhitung negara kita memulai program vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021 silam.

Negara seperti Malaysia, Singapura, Korea Selatan, sampai Jepang justru agak sedikit terlambat memulainya. Hal ini dikarenakan mereka harus menunggu vaksin Pfizer yang diimpor dari Eropa.

Meski begitu, peringkat pertama dalam presentase populasi yang sudah menerima vaksin Covid-19 adalah Singapura. Sedangkan Indonesia berada di posisi pertama pada jumlah vaksin yang sudah disuntikan di Asia Tenggara.

Baca juga:

Indonesia Vaksin Covid-19
Our World in Data

Melihat data tersebut, pada 4 Maret 2021 Singapura sudah mencapai 6 persen populasi penerima vaksin. Sementara itu, pada 5 Maret 2021 Indonesia baru mencapai 0,9 persen populasi penerima vaksin.

Kemudian di posisi berikutnya diikuti oleh Hong Kong, Korea Selatan, Kamboja, sampai Malaysia. Sedangkan secara global, posisi pertama tentunya diduduki oleh Amerika Serikat dan China.

Update Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Indonesia Juara Vaksinasi COVID-19 di Asia Tenggara
Sekretariat Presiden

Setiap negara saat ini sedang berlomba-lomba untuk menyuntikkan vaksin Covid-19 ke warganya. Tak bisa dipungkiri, vaksin jadi kunci untuk memutus mata rantai pandemi ini. Tak hanya bagi kesehatan, nantinya akan berdampak pada kembalinya laju perekonomian masing-masing negara.

Untuk Indonesia sendiri, total sudah lebih dari 3,5 juta dosis vaksin yang disuntikan. Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pun optimis program vaksin di negara kita ini bisa selesai dalam satu tahun.

Saya juta telah perintahkan proses vaksinasi kurang lebih kepada 181,5 juta rakyat Indonesia bisa diselesaikan sebelum akhir tahun 2021 ini,” tutur Jokowi dalam pernyataan resminya di YouTube Sekretariat Presiden.

_

Yuk, buat yang udah bisa menerima segera ikut vaksin!

close

Indonesia Juara Dua Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Asia Tenggara!

Search
close