Indonesia di Puncak Kemarau, Wilayah Jakarta Akan Terasa Sangat Panas!

access_time 11 bulan yang lalu

Jika lo merasa akhir-akhir ini sedang sangat panas, ini jawabannya!

Mungkin buat lo yang tinggal di Jakarta, hawa panas memang sudah jadi hal yang biasa. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini wilayah Jakarta dan sekitarnya merasakan udara yang sedang panas-panasnya.

Bahkan saat di rumah pun, mungkin lo jadi harus menyalakan AC atau kipas angin saat di siang hari. Ternyata hawa panas yang dirasakan ini karena Indonesia sedang berada di puncak musim kemarau.

Indonesia di Puncak Kemarau

via Antara Foto

“Memang kita sedang memasuki puncak musim kemarau,” kata Kabag Humas BMKG, Taufan Maulana dikutip dariĀ Kumparan. Selanjutnya ia menjelaskan di antara 342 Zona Musim di Indonesia, sekitar 69 persennya sudah berada di musim kemarau.

Sementara itu, 65 persen Zona Musim sudah mencapai puncak musim kemarau di bulan Agustus 2020 ini.

via Okezone

Agustus masih puncak kemarau, terutama wilayah Indonesia bagian selatan equator,” lanjutnya.

Dalam pantauannya, wilayah Jakarta dan sekitarnya sejauh ini masih dalam keadaan normal di angka 34 derajat Celsius.

Panas di Malam Hari

via Giphy

Bayangkan ketika siang hari saja hawanya sudah terasa sangat panas, begitu juga dengan malam hari. Beberapa hari belakangan, pukul 18.00 sampai pukul 23.00 masih terasa sangat panas.

Hawa gerah dan tidak angin ini membuat di dalam rumah saja pun lo akan tetap merasakan kepanasan. Bahkan BMKG sudah memprediksi puncak kemarau ini akan berlangsung sampai September 2020.

Di sejumlah wilayah, puncak kemarau ini sudah berpotensi menyebabkan kekeringan di Indonesia. Tidak hanya Jakarta, Zona Musim yang mengalami puncak kemarau ada di NTT, NTB, Bali, sebagian besar Jawa, Lampun, Sumatera Selatan, sebagian Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, sampai Papua bagian selatan.

_

Siapa yang akhir-akhir ini merasa kepanasan?

close

Indonesia di Puncak Kemarau, Wilayah Jakarta Akan Terasa Sangat Panas!

Search
close