HUT DKI Jakarta, Ini Fakta Misterius yang (Mungkin) Belum Lo Tau!

access_time 4 bulan yang lalu

Tanggal 22 Juni 2021 ini, DKI Jakarta merayakan hari ulang tahunnya yang ke-494. Melihat usia tersebut membuktikan perjalanan panjang ibu kota melalui berbagai perubahan hingga akhirnya bisa menjadi seperti sekarang.

Dibalik usianya yang sudah tak lagi muda, nyatanya banyak sekali fakta menarik dan misteri yang tersimpan di dalam kota ini. Untuk merayakannya, yuk kita intip fakta menarik dan misteri yang ada di kota Jakarta.

Kota dengan Mall Terbanyak di Dunia

HUT DKI Jakarta
Good News From Indonesia

Coba deh kalian hitung ada berapa banyak pusat perbelanjaan atau mall yang tersebar di seluruh penjuru DKI Jakarta. Pasti banyak banget kan!

Faktanya, ada kurang lebih 173 mall yang berdiri kokoh di Jakarta. Bahkan angka ini mengalahkan kota Paris yang memang terkenal sebagai kota modern, di mana banyak produk-produk berkualitas digemari masyarakat papan atas.

Bisa dibilang Jakarta sudah jadi surganya belanja buat banyak orang. Meski begitu, fakta ini bukanlah sesuatu yang positif, justru menggambarkan sifat masyarakat ibu kota yang konsumtif.

Apakah kalian termasuk salah satunya?

Maskot Jakarta yang Sebenarnya Ada di TransJakarta

HUT DKI Jakarta
Tempo.co

Selama ini pasti banyak yang mengira kalau maskot Jakarta adalah Monumen Nasional (Monas). Padahal, maskot sesungguhnya adalah Elang Bondol yang mencengkeram salak condet.

Nah, warga ibu kota pasti udah pada sadar kan kalau maskot ini dapat dilihat di transportasi umum andalan banyak orang, yaitu TransJakarta.

Elang Bondol yang mencengkeram salak condet ini telah ditetapkan sebagai maskot DKI Jakarta berdasarkan Keputusan Gubernur No. 1796 Tahun 1989.

Misteri Arah Patung Pancoran

HUT DKI Jakarta
ANTARA FOTO

Warga Jakarta Selatan pasti sudah tidak asing dengan Patung Dirgantara atau yang lebih dikenal dengan Patung Pancoran. Tapi pernahkah kalian bertanya-tanya, sebenarnya patung itu menunjuk ke arah mana sih?

Diketahui Patung Pancoran didirikan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Dengan tinggi 11 meter dan tinggi kaki patung mencapai 27 meter, patung ini dirancang oleh pematung asal Yogyakarta bernama Edhi Sunarso dengan menghabiskan biaya sebesar Rp 12 juta.

Banyak orang beranggapan kalau patung tersebut mengarah ke suatu tempat rahasia di mana Presiden Republik Indonesia pertama ini menyimpan harta karun.

Read more:

Ada juga yang bilang kalau patung ini menunjuk ke Pelabuhan Sunda Kelapa yang menjadi jantung peradaban bangsa Indonesia.

Faktanya, tangan Patung Pancoran ini sebenarnya menunjuk ke arah Bandar Udara Internasional Kemayoran. Itu adalah bandara internasional pertama yang dimiliki DKI Jakarta.

Mungkin kalau sekarang, patung itu mengarah ke JIEXPO Kemayoran kali ya.

Dalam Setahun, Orang Jakarta Menghabiskan Waktu untuk Macet Sebanyak 22 Hari

HUT DKI Jakarta
Republika

Kata ‘Jakarta‘ dan ‘macet‘ adalah dua kata yang tidak dapat dipisahkan. Kalau ada yang menyesal datang ke ibu kota, ingat lagi lirik lagu ini

Siapa suruh datang Jakarta, siapa suruh datang Jakarta,

Seiring berjalannya waktu, DKI Jakarta tampak semakin dipadati oleh penduduk. Macet sudah jadi sesuatu hal yang tak lagi dapat dihindari.

Nyatanya, dalam setahun orang di Jakarta menghabiskan waktu untuk macet sebanyak 22 hari. Cocokologi aja kali ya, karena tanggal ulang tahunnya juga 22.

Peringkat 8 Kota yang Paling Banyak Diunggah ke Instagram

The Jakarta Post

Walaupun macet, Jakarta menyimpan banyak sekali spot-spot menarik yang rasanya tak boleh lupa untuk di abadikan di media sosial.

Buktinya, DKI Jakarta berhasil menduduki peringkat delapan sebagai kota yang paling banyak diunggah ke Instagram, loh.

Mungkin bukan karena banyak tempat menarik yang bagus untuk diunggah ke media sosial. Bisa juga karena banyak kejadian-kejadian yang menyita jutaan pasang mata di dunia maya, mungkin seperti demo atau kerusuhan yang kerap terjadi di jalan raya.

_

Dirgahayu DKI Jakarta yang ke-494! Gak usah berharap banyak, semoga pandemi di ibu kota ini bisa segera teratasi.

close

HUT DKI Jakarta, Ini Fakta Misterius yang (Mungkin) Belum Lo Tau!

Search
close