close

Hujan?Lapar? Nih Makanan yang Klop!

By Stanley Joewono
access_time 3 bulan yang lalu Comments

Bukan rahasia, kalau musim hujan tuh sering banget bikin jadi laper dan BM sama sesuatu, Lo gitu gak sih?

Sebelum bahas makanan yang paling pas dikonsumsi saat hujan, pernah gak sih mikir kenapa jadi lebih gampang lapar pas lagi hujan? Apa cuman sekedar sugesti?

Kenapa Kita Lebih Gampang Lapar Saat Hujan?

Ternyata kalo selama ini lo mikir itu cuma sugesti atau emang lapar aja, lo salah. Ternyata secara ilmiah ada penjelasannya loh!

dr. Sara Elise Wijono Mres, lewat situs klikdokter.com menjelaskan bahwa suhu udara yang cenderung dingin akan berdampak kepada penurunan suhut tubuh. Nah hal ini terjadi karena tubuh menyesuaikannya dengan suhu yang ada disekitar.

Pas pelajaran biologi kan diajarin tuh, kalau makanan yang dimakan akan berubah jadi energi dan ternyata energi itu akan digunakan kembali oleh tubuh untuk menaikan atau menghasilkan panas pada tubuh.

Penelitian lain juga menjelaskan pada musim hujan, jarangnya terkena paparan matahari juga berakibat berkurangnya zat serotonim di otak, dan cara meningkatkannya adalah dengan makan.

Nah itu tadi alasannya, kenapa kalo hujan lo dan gua jadi lebih mudah lapar. Sekarang lanjut “ke makanan apa sih yang paling klop dimakan pas lagi hujan?”, duh gua jadi laper juga nih.

3 Makanan yang Cocok dikonsumsi Saat Hujan

Kalau tadi udah jelas bahwa ada penurunan suhu tubuh, berarti tubuh pastinya ‘rindu‘ sama yang bisa bikin hangat. Beruntung banget kita tinggal di Indonesia, ada banyak pilihan makanan yang sangat cocok untuk meningkatkan ‘suhu’ tubuh. Ini dia 3 makanan yang cocok dikonsumsi saat hujan versi tim ussfeed.

Sate Kambing / Sop Kambing

 

Makanan yang satu ini sih, gak usah musim hujan aja masih dicari sama banyak orang. Daging kambing yang biasa diolah menjadi sate atau sop ini, dikabarkan sangat cocok untuk meningkatkan ‘panas’ yang ada di dalam tubuh. Meskipun begitu, jangan konsumsi daging kambing terlalu sering yah! Gak baik buat kolesterol lo!

Bubur

Makanan yang berbahan dasar beras ini cocok banget dikonsumsi pas lagi hujan, teksturnya yang lembut biasa dipadukan dengan sedikit protein seperti ayam, ikan atau bahkan udang. Bubur juga biasa disajikan dalam kondisi yang masih ‘panas’, jadi secara otomatis panas yang masuk dari mulut akan membantu menghangatkan tubuh kalian.

Bakso / Mie Instant

Yang satu ini dijamin andalan sebagian besar orang Indonesia, perpaduan daging sapi yang sudah diolah dengan kuah yang pastinya diberi ‘penyedap’ terasa begitu gurih dan menghangatkan. Biasanya kalo lo makan bakso gerobak, si ‘abang’ kemungkinan menyediakan mie instant sebagai pengganti dari mie kuning atau bihun. Kebayang kan tuh udah pake bumbu mie instant, pake penyedap juga *autonelenliur*. Nah kalo nge-bakso jangan lupakan cuka, saus dan sambalnya yah.

Sebenarnya yang paling baik adalah untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat, agar panas di tubuh terjaga lebih lama. Namun berhubung kita tinggal di Indonesia, masih banyak godaan yang lebih menarik seperti 3 rekomendasi yang menduduki peringkat teratas versi tim ussfeed.

Kalau lo punya pilihan lain atau rekomendasi lainya, langsung komentar dibawah aja! Nah sambil makan, jangan lupa dengerin lagu yang juga cocok pas cuaca lagi hujan, nih di sini yah.

 

close

Hujan?Lapar? Nih Makanan yang Klop!